Manajemen Kinerja Menuju Depok Unggul Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)

  • Bagikan

Poros Nusantara – Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Walikota Depok yang diwakili oleh asisten administrasi dan umum Bapak Yayan, perwakilan Bappeda Nurlela, Kepala BKPSDM Sopian Suri, perwakilan kementerian administrasi, para Perangkat Daerah dan tamu undangan lainnya.

Diawali pembukaan forum Renja,Kepala BKPSDM Sopian Suri menyampaikan kepada Wartawan Kota Depok, “Selamat Hari Pers Nasional (HPN) semoga pers di Kota Depok memberitakan informasi -informasi yang terupdate ,aktual ,terpercaya dan berkualitas”, harapnya gelar Forum Rencana Kerja 2021 di ruang Rujito Hotel Bumi Wiyata Jl. Margonda Raya, Rabu(26/02/2020).

 

Dalam sambutan perwakilan dari Wali Kota Depok yang sekaligus membuka Forum Renja ini menyampaikan, “bahwa pelaksanaan Forum Renja Perangkat Daerah merupakan amanat UU no.25/2004 tentang hasil perencanaan pembangunan nasional dimana perencanaan adalah suatu proses untuk menentukan kebijakan dan program masa depan yang tepat”, ujar yayan.

BACA JUGA  Amran Mahmud Ajak Pengurus PWRI Sinergi Dalam Pembangunan Wajo.

Salah satu visi yang diusung saat ini adalah pembangunan SDM yang memegang peranan penting dalam memajukan pembangunan Indonesia, SDM yang unggul akan menciptakan peningkatan kualitas pelayanan publik, kualitas birokrasi dan tata kelola pemerintahan.

 

Keberhasilan yang dicapai suatu organisasi pemerintah tidak terlepas dari keberhasilan instansi unit kerja serta individu yang ada di dalamnya, tutur Yayan.

Dan tambahnya bahwa Sistem manajemen kinerja terdiri dari perencanaan kinerja, pelaksanaan, pemantauan dan pembinaan kinerja, tuturnya.

Sejalan dengan Visi dan Misi Kota Depok 2016-2021 maka Forum Renja Perangkat Daerah diharapkan dapat menghasilkan program dan kegiatan tahun 2021 yang mengarah kepada peningkatan capaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Depok 2016-2021 dibidang kepegawaian yaitu mengoptimalkan pengelolaan sumber daya aparatur dan pengembangan pelayanan kepegawaian berbasis teknologi informasi, meningkatkan kualitas sumberdaya aparatur dengan meningkatkan kompetisi dan etika aparatur sipil negara, dan meningkatkan tata kelola lembaga berdasarkan prinsip kepemerintahan yang baik, jelasnya.

BACA JUGA  Sediakan Anggaran Rp465 Miliar, Pemerintah Renovasi Masjid Istiqlal

Dalam paparannya Kepala BKPSDM Sopian Suri menyampaikan ,”BKPSDM melaksanakan misi yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik yang profesional dan transparan yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan dengan sasaran meningkatnya kualitas manajemen pemerintahan dalam pelayanan publik dan indikator sasaran yakni predikat Sakip B dan survei kepuasan masyarakat(IKM) dan ada tiga isu strategis yaitu implementasi sistem penilaian kinerja aparatur yang terukur akuntabel dan mudah digunakan, penatan aparatur berdasarkan analisa jabatan dan standar kompetisi jabatan, peningkatan kompetensi aparatur dalam rangka pelayanan publik yang profesional”, katanya.

BACA JUGA  Pekerjaan Rumah dalam Genggaman Aplikasi Jago

Tugas Pokok dan Fungsi sesuai dengan Peraturan Walikota nomor 102/2016, dan tahun 2021 ada 6 program dan 47 kegiatan dengan anggaran 21.958.628.500.

Dan diantara 6 program tersebut yang paling banyak menyerap anggaran adalah peningkatan kualitas sumber daya aparatur dengan anggaran 18.444.250.000 yang didalamnya ada 28 kegiatan salah satunya seperti kemarin kita sudah melaksanakan penerimaan cpns sekedar informasi bahwa ada 356 formasi untuk tahun 2019-2020 dan telah melakukan SKD ( seleksi kemampuan dasar) jadi kegiatannya termasuk seleksi pengadaan ASN.

Pemberian penghargaan bagi ASN, pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, pengelolaan informasi kinerja aparatur, pembinaan ASN dalam jabatan fungsional, pengiriman pelatihan fungsional aparatur daerah, pengiriman pelatihan teknis/bimbingan teknis/workshop/seminar/lokakarya/semiloka/konferensi dan pelatihan penatausahaan keuangan”.

(abie*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *