Bina Ketahanan Wilayah Di Kepulauan Perbatasan Terdepan, Lanal Tarempa Laksanakan Penyuluhan Dan Bakti Sosial Di Kepulauan Anambas

  • Bagikan

Kepulauan Anambas,porosnusantara.co.id – Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut (Binwiltasla) merupakan implementasi tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut TNI Angkatan Laut, yaitu membina potensi maritim di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga untuk mewujudkan ruang, alat, dan kondisi (RAK) juang yang tangguh melalui penanaman karakter dan jiwa nasionalisme kepada masyarakat khususnya generasi muda.

Program yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini dibuka oleh Paban VI Spotmaral Kolonel Laut (P) M. Syamsul Rizal mewakili Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal, bertempat di SMAN 1 Anambas, Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (24/10/2023).

Kolonel Syamsul Rizal mewakili Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal dalam sambutan pembukaan kegiatan menyampaikan harapan agar Binwiltasla TNI Angkatan Laut TA. 2023 dapat menambah wawasan kepada generasi muda Anambas mengenai potensi maupun ancaman khususnya yang terkait dengan bidang maritim di wilayah perbatasan laut.

Program Binwiltasla Lanal Tarempa selama dua hari ini mengusung tema “Melalui Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut Tahun 2023 Kita Tingkatkan Kemampuan Sumber Daya Manusia Maritim Yang Handal Dalam Menghadapi Tantangan Global Dimasa Depan,” dengan kegiatan berupa penyuluhan kepada siswa SMKN 1 Anambas dan Bakti Sosial berupa pengobatan gratis serta pembagian paket sembako bagi warga lansia Desa Air Asuk, serta kunjungan ke Paud Desa Air Asuk.

Materi penyuluhan Binwiltasla kepada 120 siswa SMKN 1 Anambas, meliputi bahaya hoax, penyalahgunaan medsos dan judi online, wawasan kebangasaan tentang Ideologi Pancasila dan bahaya radikalisme, keimigrasian, bahaya radikalisme/wawasan kebangsaan, bahaya HIV/pergaulan bebas, serta bahaya narkoba.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ibni Jauhari menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya, sehingga seluruh rangkaian kegiatan Binwiltasla dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Program ini merupakan wujud nyata TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan pembinaan potensi maritim kepada masyarakat dan generasi muda agar dapat mendukung pemerintah guna membantu percepatan pembangunan serta menyiapkan secara dini mental juang generasi muda yang tangguh di wilayah kerja Lanal Tarempa” ujar Danlanal Tarempa.

Selanjutnya, Danlanal Tarempa juga menyampaikan harapannya kepada para peserta agar dapat memanfaatkan program ini untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga bekal untuk menjawab tugas dan tantangan masa depan.

Selain mengundang Kepala Bankesbangpol Kabupaten Anambas, Danramil Tarempa, Kasat Binmas Polres Anambas, Kantor Imigrasi sebagai pemateri/narasumber penyuluhan. Lanal Tarempa juga melibatkan Pengurus Jalasenastri Cabang 3 Korcab 4 DJA 1, serta menurunkan tenaga kesehatan, terdiri dari 1 orang dokter dan 6 orang tenaga medis dari Balai Pengobatan Lanal Tarempa berkolaborasi dengan 4 orang tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Anambas termasuk 1 orang dokter spesialis penyakit dalam RSUD Tarempa dr. Eka Maya Sofa Irawati, Sp.Pd.

Kegiatan pembinaan wilayah perbatasan laut di Wilayah Kerja Lanal Tarempa tahun 2023 dihadiri oleh Kabankesbangpol Kabupaten Kepulauan Anambas, Camat Siantan Tengah, Danramil 02/Tarempa, Polres Anambas, Imigrasi Kelas II TPI Tarempa, Kepala Sekolah SMKN 1 Anambas, Kepala Desa Air Asuk, dan Personel Lanal Tarempa.

Red

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *