Sri Mulyani Dimintai Keterangan Kasus Korupsi DID Sebesar Rp 600 Juta dan USD 55.300

Porosnusantara.co.id – Jakarta || Mengenai kasus dugaan korupsi pengurusan Dana Insentif Daerah (DID) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali. KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) mengadakan pemeriksaan terhadap salah satu saksi yang berasal dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yaitu Sri Mulyani, Selasa (17/5).

Menurut keterangan Juru Bicara KPK Ali Fikri, Sri Mulyani akan dilakukan pemeriksaan yang akan dilaksanakan di gedung KPK.

“Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan,” tuturnya.

BACA JUGA  Salah Satu Warung Makan Dibobol Maling

KPK setelah melakukan beberapa penyidikan mengenai kasus pengurusan DID menetapkan mantan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti sebagai salah satu tersangka dari kasus tersebut.

Tak hanya ia (Ni Putu Eka Wiryastuti), mantan staf ahli Bupati Tabanan I Dewa Nyoman Wiratmaja dan mantan Kepala Seksi Dana Alokasi Khusus Fisik II Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Rifa Surya juga mengambil bagian sebagai tersangka dalam kasus ini.

BACA JUGA  Bag Logistik Polresta Tangerang Laksanakan pengisian BBM Operasional personil Polresta Tangerang

Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan dugaan bahwa Ni Putu Eka Wiryastuti dan I Dewa Nyoman Wiratmaja sebagai pemberi suap, sedangkan penerima suap tersebut ialah Rifa Surya yang merupakan orang berwenang mengawal usulan DID untuk Kabupaten Tabanan pada 2018.

Perihal kronologis, Bupati Tabanan Eka Wiryastuti yang menjabat dua periode dalam mengemban masa jabatannya mengangkat salah satu tersangka I Dewa Nyoman Wiratmaja sebagai staf khusus bidang ekonomi dan pembangunan. Di masa menjabat nya Eka Wiryastuti pada Agustus 2017 mengajukan permohonan DID dari Pemerintah Pusat untuk mengadakan dana sekitar Rp 65 miliar.

BACA JUGA  Polsek Teluk Naga Ungkap Spesialis Pembobol Mini Market Alfamart Dan Indomart

Untuk menyelesaikan permohonan DID tersebut Eka Wiryastuti menunjuk staf khusus bidang ekonomi dan pembangunan I Dewa Nyoman dalam hal menyiapkan segala kebutuhan administrasi. Setelah itu Eka memerintahkan I Dewa Nyoman Wiratmaja menemui pihak-pihak yang mempunyai kuasa untuk memperlancar permohonan dana DID, pihak-pihak tersebut dalam keterangan KPK ialah Yaya Purnomo dan tersangka Rifa Surya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *