Depok, porosnusantara.co.id – Tirta Asasta Depok dan Telkom Indonesia menggelar penandatanganan Kerjasama ioT Smart Water Meter di Gedung Graha Merah Putih, Jakarta Selatan. Kerjasama ini adalah buah dari Pilot Project Smart Water Meter yang sudah dilakukan Telkom dan Tirta Asasta pada 2022 lalu.
Sebelumnya sudah dilakukan terhadap 1000 SL, sekarang akan dilanjut kepada 7000 SL.Smart Water Meter adalah layanan yang menggabungkan teknologi Internet of Things dan beberapa teknologi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia yang memungkinkan untuk melakukan pengawasan meter air secara real time dengan nilai akurasi yang lebih tinggi daripada teknologi konvensional.
“Karna sekarang semua serba digital, Tirta Asasta juga gak mau kalah nih, kita terapkan SWM di Depok juga,” terang Olik.
Smart Water Meter merupakan bagian dari teknologi Smart Grid yang berfungsi sebagai last mile atau akses pelanggan di mana semua perangkat dan alat terhubung secara online dengan pengelolaan server terpusat. Komponen Smart Water Meter terdiri dari sistem smart meter, sistem komunikasi terintegrasi, dan sistem aplikasi pada server.
Pembaruan ini juga menjadi sarana bagi kita dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan karena dapat mengontrol status dan mengumpulkan informasi langsung dari water meter dengan data terkini.
Dengan teknologi ini, kita dapat memudahkan dalam melakukan pengecekan apabila terjadi kebocoran pada instalasi pipa, mengetahui penggunaan air yang berlebih, dan dapat membaca jumlah penggunaan air oleh pelanggan di water meter secara real-time.
Dikatakan bahwa pemanfaatan teknologi ini juga dapat mengurangi potensi kesalahan di water meter pelanggan, memberikan akurasi tagihan yang lebih tepat, dan dapat
diintegrasikan sehingga memudahkan kita maupun pelanggan dalam bertransaksi.