Kerja Bakti Bentuk Gotong Royong yang Harus Dilestarikan.

  • Bagikan

Porosnusantara. co.id – Karawang – Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu.

Kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong, seperti yang dilakukan di Dusun Suka Jaya 2 RT 02 RW 03 Desa Kemiri kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, (21/8/2021).

Kepala Desa Kemiri Salwani saat diwawancarai oleh media Poros Nusantara memaparkan seputar kerja bakti, menurutnya, “Kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya belum rutin tiap minggu atau tiap bulan , seperti membangun rabat jalan, membersihkan saluran air , ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi dan kegiatan kegiatan lainnya,” ucap Kepala Desa Jemiri Salwani.

Kepala Desa kemiri Salwani mengatakan “Tujuan dari diadakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah membersihkan lingkungan Desa agar selalu asri dan nyaman bagi kita semua, karena di musim panca roba seperti ini banyak penyakit yang timbul, sehingga dengan mengadakan kegiatan seperti ini, setidak-tidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor,” tutupnya.

H. Otong tokoh masyarakat Desa Kamiri selaku penggerak kerja bakti .meyatakan,
“Mudah-mudahan ini akan membangkitkan semangat gotong-royong di tengah masyarakat, dan kerja nyata untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat khususnya kebersihan lingkungan, sebab lingkungan yang bersih akan tercipta keindahan dan kenyamanan, dan bisa dipastikan resiko penyakit-penyakit tidak akan muncul,” tegas H. Otong.

Kerja bakti ini juga sebagai upaya pengurangan resiko bencana terlebih saat ini telah memasuki musim penghujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi tutupnya.

Reporter: Agus HS

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *