Tips Mencegah dan Mengatasi Rasa Haus Saat Sedang Puasa

Porosnusantara.co.id – Puasa adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan tidak makan dan minum mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Dengan begitu, setiap orang yang berpuasa akan mengalami rasa lapar dan haus yang cukup hebat, terlebih di siang hari. Namun, kebanyakan orang masih mampu menahan lapar, tapi tidak untuk menahan haus.

Apakah Anda juga demikian? Ya, hal tersebut memang wajar, sebab di dalam tubuh manusia, air adalah komposisi yang paling banyak, mencapai 65 persen. Maka bukan hal yang aneh jika setiap orang sangat sulit menahan rasa haus, apalagi di siang bolong dan terkena terik matahari secara langsung.

BACA JUGA  Industri Produk Kesehatan Lepas Kontainer Ekspor ke-3000 Menuju Eropa

Hal tersebut yang biasanya membuat kebanyakan orang menjadi sangat berat menjalankan ibadah puasa. Nah, jika Anda mengalami hal demikian, berikut adalah tips mengatasi haus ketika sedang berpuasa.

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Selain menyediakan berbagai nutrisi juga serat yang bermanfaat, di dalam buah dan sayuran juga terkandung mineral dan gula alami yang memastikan tubuh kita selalu berenergi selama berpuasa hingga tiba waktunya berbuka.

BACA JUGA  Humbang Hasundutan Mampu Hasilkan Bawang Putih Segar 12 - 15 Ton per Hektare

Ada beberapa pilihan buah maupun sayuran yang dibekali kadar air cukup tinggi. Diantaranya seperti keluarga berry, semangka, jeruk, pir, brokoli, tomat, mentimun, bayam dan banyak lagi. Kombinasikan beberapa makanan tersebut sebagai menu sahur dan berbuka.

2. Atur Pola Minum

Saat berpuasa, kecukupan tubuh akan cairan harus tetap dipenuhi agar tubuh selalu terhidrasi. Jika sebelumnya kita dapat minum air putih kapan saja sesuka hati, lain halnya dalam keadaan berpuasa. Anjuran minum 8 gelas air putih harus dipenuhi dengan memerhatikan polanya.

BACA JUGA  PEMBUKAAN PERAYAAN 1 MUHARRAM DI KOLOK NAN TUO NAGARI BERZIKIR

Minumlah 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan berat, 2 gelas sebelum tidur dan dua gelas di saat sahur. Jangan minum berlebihan atau sekaligus, karena dapat menyebabkan perut kembung dan mempercepat keluarnya cairan dari dalam tubuh.

3. Batasi Konsumsi Makanan Asin dan Pedas

Tips agar tidak mudah haus saat puasa selanjutnya yang dapat diterapkan adalah dengan membatasi makanan asin atau tinggi garam, seperti ikan asin, telur asin dan sebagainya, terlebih di kala sahur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *