Daerah  

Mantap, PUPR Purworejo Raih Akreditasi KAN

Purworejo – porosnusantara.co.id

Laboratorium Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo sudah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan diusulkan menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT). “Purworejo menjadi kabupaten kedua se- Jawa Tengah yang Laboratorium konstruksinya terakreditasi KAN,” kata Kepala Dinas PUPR Suranto, S.Sos. M.PA di ruang kerjanya siang tadi (10/07).

Menurut suranto, laboratorium konstruksi Kabupaten Purworejo telah mampu menjadi penjamin mutu untuk pengujian kuat beton silinder, kuat tekan mortar semen Portland dan kuat tekan bata beton atau paving. “Kita bahkan sudah mengusulkan tujuh bidang lagi, antara lain kuat tarik besi, density aspal, kadar aspal,” katanya.

BACA JUGA  Minimalisasi Banjir di Bandung, Presiden Resmikan Terowongan Nanjung

Hal tersebut menjawab temuan Badan Pemeriksa Keuangan yang menyatakan kondisi tahun 2023 laboratorium konstruksi belum menetapkan tarif resmi per jenis pengujian dan biaya opersional serta bahan habis pakai untuk pengujian yang dipungut dari pelanggan tidak disetorkan ke Kas daerah.

BACA JUGA  Mengaku Petugas Kemenag, Resahkan UMKM Purworejo
Kepala Dinas PUPR Suranto, S.Sos.MA

“Kami tidak menarik restribusi tetapi bahan habis pakai kami bebankan kepada pelanggan,” kata Suranto.

Selama ini, kata dia, memang belum ada retribusi dan menindaklanjuti temuan dan rekomendasi BPK tersebut dirinya mengusulkan kepada Bupati Perbup mengenai penetapan retribusi. “Usulan sudah kami berikan, agar ada perbup retribusi Laboratorium. Bahkan kami mengusulkan agar Laboratorium menjadi UPT tersendiri,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya sudah mengeluarkan surat penghentian penerimaan biaya pengujian. “ ini sebagai tindaklanjut rekomendasi BPK, “ kata dia.

BACA JUGA  PWRI Tulang Bawang Lakukan Kunjungan dan Jalin Silaturahmi Ke Kantor PWRI Way Kanan

Mengenai usulan menjadi UPT, kata Suranto, sudah terbentuk Tim Kajian dan telah diapresiasi provinsi. “Tanggal 18 Juli ini, team Provinsi akan visitasi ke Dinas PUPR untuk kajian lebih lanjut tentang kelayakan naik tingkat menjadi UPT. Artinya, provinsi mendukung dan mendorong kabupaten Purworejo untuk segera memiliki UPT Laboratorium Konstruksi serta Alat Berat,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *