Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Kepala Bidang Prasarana Dan Ketahanan Pangan Kabupaten karawang Menyoal Pakis Jaya Ini ungkapannya

  • Bagikan

Karawang – porosnusantara.co.id || Team media Poros Nusantara dan Pimred menjambangi Kantor dinas Pertanian kabupaten karawang jalan by pass Tanjungpura Karawang menyoal kedatangan Mentri pertanian Di pakisJaya sejauh mana upaya dinas pertanian saat ini selasa (22/6/2022)

Kepala Bidang Tanaman pangan H. Edi suryana, SP, MP ini ungkapannya “untuk Desa Pakisjaya kalau petani padi yang sudah produktif jalankan ,ketika lahannya tidak terairi oleh air ada lahan daratnya silahkan tanam Jagung sistem tumpang sari juga boleh lebih bagus tinggal kita cari jenis jagungnya dan teknik penjualannya dan yang lebih menguntungkan,yang jelas yang sudah berjalan petani sawah disana pertahanan karena untuk mempertahankan swasembada padi satu tahun lagi nih mudah mudahan selesai tidak impor ungkapnya.

Hal penanaman Jagung perdana di pakisjaya dengan petani Nasdem itu ga masalah yang jelas pasti petani disana tegasnya.

Untuk petani sawah,padi masih menjadi andalan untuk peningkatan perekonomian pedesaan,kita sedang ada program tanam padi IP 400 untuk
daerah pakisjaya kita tingkatkan saja sesuai kondisi alam karena perairan disana belum maksimal untuk para petani sawah disana.

Program pertanian padi dari IP 100 kita tingkatan menuju IP 200,dan IP 200 ke IP 300 dan target dinas pertanian kita Tanam Padi dari IP 300 ke IP 400,
bagaimana caranya ,team penyuluh nanti yang punya peranan penting yang akan menjelaskannya.
Pengolahan tanah sawah tanam padi menuju ke IP 400 saat penyemaian benih didarat atau menculik artinya benih tidak ditanam di area sawah tersebut tetapi ditempat lain.

Kebijakan Peningkatan Produksi Untuk Mencapai SwasembadaPangan
Kebijakan bidang pembenihan”

Sarana produksi, pupuk, dan pestisida.
Kebijakan bidang perkreditan,
Kebijakan bidang perairan,
Kebijakan diseversifikasi usaha tani,
Kebijakan bidang penyuluhan,
Kebijakan harga input dan output,
Kebijakan penanganan pasca panen,,” pungkasnya.

Kepala bidang prasarana Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten karawang Entoh hendra permana, S.ST ungkapnya, untuk pakis tepat juga sih untuk penanaman Jagung disana memang sering kekurangan air.
Air tidak sampai ke pakis dikarenakan antara 6 sampai 8 kilo itu ada cekungan di daerah teluk buyung kalaupun debit air ditambah tetap saja tidak akan mengalir deras karena air akan tumpah seperti di BatuJaya ungkapnya
Alternatifnya “kita harus buat gorong gorong atau pipa itu yang pertama, yang kedua pak kadis mengatakan bagaimana dimusim hujan tidak banjir dan dimusim kemarau tidak kekurangan air, salah satunya yaitu kita harus membuat embung dan disana memang ada lahannya milik BBWS seluas 12 ha selanjutnya kita akan terus koordinasi dengan Pupr, Pjt dan Bbws.

Untuk bantuan para petani banyak yang sudah kita lakukan baik dari pemerintah daerah maupun langsung dari kementerian pertanian berupa alsintan.

UPJA disini merupakan sebuah lembaga ekonomi di pedesaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa dalam rangka optimalisasi penggunaan alsintan untuk memperoleh keuntungan usaha.
UPJA melayani jasa alsintan untuk keperluan pra panen, panen, hingga pasca panen pungkasnya

Agus hs

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *