oleh

Pelabuhan Penyeberangan Bansalae Siwa-Tobaku Siapkan Posko Pencegahan Corona (Virus Covid 19)

Porosnusantara.co.id Wajo Sulsel – Dinas perhubungan Kabupaten Wajo bersama Muspika/Tripika Kecamatan Pitumpanua rapat koordinasi di kantor Pelabuhan Bangsalae,menindak lanjuti pertemuan Bupati Wajo bersama porkopinda pada hari senin 16 Maret 2020 terkait dengan penaganan masuknya Covid 19 (Virus Corona) di wilayah kabupaten Wajo dan sekitarnya. (17/3/2020)

Seluruh akses masuk baik jalur darat maupun jalur laut akan dilakukan langkah antisipatif termasuk di pelabuhan penyeberagan Bangsalae Siwa -Tobaku Sultra.

Andi Hasanuddin,S.Sos,M.Si selaku Plt Dishub Kabupaten Wajo saat ditemui usai pertemuan menjelaskan,kesimpulan dari rapat kordinasi dishub Wajo dengan pemerintah kecamatan Pitumpanua bersama dinas kesehatan (RSUD Siwa) di hadiri Koramil-10 Pitumpanua, Kapolsek Urban Pitumpanua dan pengelolah pelabuhan Bangsalae Siwa menyimpulkan ,sepakat dan bersedia mendirikan posko bersama untuk mencegah dan mengantisipasi jika barangkali ada penumpang yang akan berangkat dan tiba dari pelabuhan Siwa ke Tobaku Sulawesi Tenggara, apabila menemukan penumpang kapal yang diduga terindikasi mengalami gejala terinfeksi virus corona (corona suspect).

BACA JUGA  Bagikan 1.600 Masker, Polres Kep Seribu Himbau Warga Terapkan ProKes 5M

Langkah penaganannya kami sepakat bahwa nanti akan ada tenda posko,mobil pelayanan akan standby dan team medis dari RSUD Siwa.

“Untuk langkah pencegahan kita akan pasang spanduk-spanduk himbauan bagaimana mengeditifikasi orang yang terjangkit Corona dan bagaimana cara menaganinya,”ucap Andi Hasanuddin saat ditemui di pelabuhan Bangsalae.Selasa (17/3/2020)

BACA JUGA  Kementerian PANRB Salurkan Bantuan Bagi Pegawai dan Wartawan Mitra yang Terdampak Banjir

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya juga akan memastikan tersedianya ruang isolasi jika ada penumpang teridentifikasi terjangkit virus Covid 19, sebelum dievakuasi kerumah sakit dan juga kita upayakan hand sanitizer, alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner)di pelabuhan Bangsalae.

Kami juga akan berupaya berkordinasi dengan Dinas Perhubugan Kolaka Utara Sultra dalam hal pencegahan corona ini.

“Kami akan menyediakan hand sanitizer dan sabun untuk mencuci tangan pada tempat yang mudah terjangkau, terutama tempat pelayanan publik di kantor Pelabuhan Bangsalae Siwa.Dan pastinya kita juga upayakan ketersediaan masker untuk petugas dan pelayanan pelabuhan” ucapnya.

BACA JUGA  Kegiatan bangunan Aula serbaguna Desa Suja Tenang Mandek "FKPMB Duga ada kongkalikong".

Adapun pelayanan di pelabuhan Bangsalae Siwa berjalan lancar seperti hari biasa .

“Namun pada hari ini ada giat desinfeksi terpadu dalam rangka mengantisipasi penyeberan virus corona (covid 19 ) diatas KMP Merak kepada penumpang kapal yang di lakukan oleh PT ASDP Indonesian ferry bersama dinas terkait” jelas Aiptu Muh Tahir PS. Kanit SABHARA Polsek Sektor Urban Pitumpanua (18/3/2020)

Sebagai informasi, wabah virus Corona adalah deklarasi darurat keenam yang pernah dikeluarkan oleh WHO dimana sebelumnya WHO pernah mengeluarkan deklarasi darurat untuk wabah SARS tahun 2005 dan flu burung H5N1 pada awal 2000-an.

(perwakilan sulsel*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini