Pemkot Surakarta: Kementan Hadir Tekan Harga Bawang Putih dan Cabai, Masyarakat Bahagia.

  • Bagikan

Surakarta Poros Nusantara – Kehadiran Kementerian Pertanian, untuk menstabilkan harga bawang putih dan cabai rawit merah, membawa kebahagiaan tersendiri untuk masyarakat Surakarta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo, saat menyampaikan sambutan dihadapan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, dalam acara Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai, pagi tadi kamis, 13/02/2020 di Pasar Gede Surakarta.

Menurutnya Kementerian Pertanian (Kementan) sangat inisiatif mengelenggarakan pasar murah ditengah gejolak harga saat ini.

“Kementerian Pertanian yang sungguh sangat luar biasa dan membahagiakan kita masyarakat kota Surakarta.

Selamat datang khususnya kepada rombongan Bapak Menteri atas kedatangannya di Kota Surakarta yang membuat masyarakat kota Surakarta bersyukur sekali,” kata Purnomo dalam acara tersebut.

Ia mengatakan jika sebelumnya harga tidak naik karena stok masih cukup banyak namun kenaikan ini karna banyak berita- berita hoax tentang wabah yang mengakibatkan bawang putih ke Indonesia dihentikan atau terhambat otomatis harga terpengaruh.

“Rakyat Surakarta itu umumnya konsumen semua Pak tidak ada produsen baik bawang putih maupun cabe tidak ada semuanya didatangkan ke kota Surakarta setelah kita cek bawang putih tadinya harga tidak naik,” ucapnya.

Selain karena isu, kenaikan harga yang terjadi juga dikarenakan pedagang eceran baru mendapatkan produk dari petani setelah melalui pengepul dan distributor sehingga harga di pedagang melambung tinggi dari harga dipetani.

“Enggak ada produk dari produsen itu sebelumnya cukup menjadi pertanyaan kita.

Bagaimana rangkaian dari pengepul ke distributor harganya bisa naiknya luar biasa itu sebetulnya rahasianya Pak,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi, menyampaikan jika Kementan menekan kenaikan harga bawang putih dan cabe yang sempat mengkhawatirkan masyarakat Solo dengan menggelar pasar murah di 5 pasar yakni Pasar Gede, Pasar Rusukan, Pasar Ledoksari, Pasar Harjodaksino, Pasar Gading dimana kebutuhan pasar murah dipasok dari kabupaten Wajo.

“Kita lepas di sini tetapi peruntukannya Surakarta itu ada lima pasar dan lainnya di Yogyakarta dan cabe rawit merah, cabe merah keriting totalnya ada 10 ton juga terima kasih ini kawan-kawan mendatangkan dari Wajo,” ucapnya.

Khusus operasi pasar murah, harga cabai rawit merah Rp.35.000/kg,- ,Cabai merah keriting Rp.30.000/kg,- dan bawang putih Rp.30.000/kg. Total 12 Ton bawang putih yang dilepas dalam acara ini.

( Redaksi* )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *