Kompak, Warga Tolak Pembangunan Gedung Seluas 3h, di Zona Lahan Pertanian Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi

  • Bagikan

Bekasi, Porosnusantara.co.id – Bangunan yang berada di Desa Sukakerta, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang diperkirakan memakan lahan seluas 3 hektar dipertanyakan

Pasalnya,komplek bangunan yang di dirikan di lahan zona hijau pertanian menurut informasi yang beredar selama ini peruntukan nya untuk bangunan gedung sekolah pelayaran swasta,tapi blm jelas juga karena tak ada Plang papan nama resmi yang di pasang di komplek bangunan tersebut.
Kegiatan pekerjaan pembangunan itu diduga melanggar Undang-undang nomor 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

BACA JUGA  Wisatawan Bule Kagumi Gua Janjian Sawahlunto

“UU nomor 41 pasal 44 poin 1 menyebutkan kalau lahan yang sudah ditetapkan sebagai lahan pertanian dilarang untuk pembangunan,” ujar pembina Lsm Peduli Keadilan( LSM PEKA), Heri Wijaya, kepada Media poros Nusantara,sabtu (30/11/2019).

BACA JUGA  Masyarakat Keluhkan Jalan Yang Rusak Dan Aspirasi Tak Di Gubris Akan Adakan Demo

Bukan tanpa alasan, kata dia, pembangunan tersebut pun telah melanggar peraturan daerah (Perda) Kabupaten Bekasi nomor 10 tahun 2014 tentang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Parahnya lagi kalau betul bangunan itu ilegal, berarti sudah melanggar Perda Kabupaten Bekasi nomor 10 tahun 2014 mengenai IMB,” kata Heri Wijaya SH

BACA JUGA  AKABRI 1999 Jalani Vaksinasi Massal Di Kantor Camat Sukawangi Untuk Memwujudkan 100% Kekebalan Komunal

Sementara tokoh masyarakat Kecamatan Sukawangi,M.Sarbat wiganda berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi segera menindaklanjuti bangunan yamg diduga ilegal tersebut.

“Pemkab Bekasi harus bertindak tegas untuk menutup aktifitas bangunan tersebut jika betul kalau prosesnya itu ilegal,” ujarnya M,Sarbat wiganda

Hingga berita ini diterbitkan belum ada konfirmasi resmi dari pihak terkait ataupun Pemkab Bekasi. (Wardi/Poros Nusantara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *