Petani Bawang Putih Probolinggo Terapkan Budidaya Ramah Lingkungan

Porosnusantara.co.id – Kawasan bawang putih di Kabupaten Probolinggo tersebar di sekitar kaki Gunung Bromo, di antaranya Kecamatan Sukapura, Krucil, Sumber dan Lumbang. Probolinggo merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang disiapkan sebagai sentra sekaligus penyangga benih bawang putih nasional untuk swasembada 2021. Lokasi pengembangan berada di daerah yang mempunyai ketinggian sekitar 1000 meter mdpl.

Pada 2018, Kabupaten Probolinggo mendapatkan bantuan APBN untuk pengembangan kawasan bawang putih seluas 50 hektare. Terdapat dua varietas yang ditanam yaitu varietas Lumbu Hijau dan Lumbu Kuning.

BACA JUGA  Lestarikan Penyu, Lanal Bandung Lepasliarkan Puluhan Tukik di Perairan Sukabumi

Terdapat satu gapoktan dan dua kelompok tani yang bekerja sama dengan perusahaan importir yaitu Gabungan Kelompok Tani Sejahtera, Kelompok Tani Mukti Jaya Eko dan Kelompok Tani Jaya Tani 4. Kelompok tani ini turut berkomitmen mewujudkan target swasembada bawang putih.

Pada 2019 bantuan APBN untuk pengembangan kawasan meningkat menjadi 100 hektare, tersebar di Kecamatan Sumber dan Kecamatan Sukapura. Bantuan tersebut menyasar ke 14 kelompok tani penerima bantuan sarana produksi. Diharapkan bantuan tersebut dapat mendorong petani dalam mewujudkan swasembada bawang putih 2021.

BACA JUGA  Bupati Apresiasi Yayasan Panrita Insan Cita berkerjasama DLH-Wajo Hadirkan Rumah Produksi Bosara.

Buaman, Ketua Gabungan Kelompok Tani Sejahtera menyampaikan kelompoknya mendapat alokasi wajib tanam seluas 292,3 hektare di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura dengan varietas Great Black Leaf (GBL).

“Bawang putih mulai ditanam Nopember tahun lalu hingga Februari 2019 dan sudah mulai panen pada Maret sampai Juli ini. Produksi rata-rata 5-8 ton per hektare. Untuk harga bawang putih basah dijual dengan harga Rp 10 ribu per kg dan Rp 15 ribu per kg untuk kondisi agak kering,” ujar Buaman.

BACA JUGA  Penjabat Bupati Bekasi & Walikota Membuka Webinar Dialog Media KADIN - SMSI

Sebelum bekerja sama dengan importir, kelompok tani ini juga pernah mendapat bantuan untuk pengembangan benih bawang putih seluas 2 hektare pada 2017 dengan varietas Lumbu Hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *