Ribuan Orang Ramaikan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan di Kantor Kemendikbud Hari ini

  • Bagikan

Porosnusantara.co.id, Jakarta – Pelibatan publik dalam memeriahkan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini terus dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hari ini penyelenggaraan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung sangat meriah, sekitar 5.000 orang memadati kantor Kemendikbud, Senayan Jakarta, untuk meramaikan kegiatan Harmoni Bersama Masyarakat, sebagai salah satu rangkaian acara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Kemendikbud yang telah bekerja keras sehingga terselenggaranya kegiatan ini, dan juga seluruh masyarakat yang hadir memeriahkan acara Harmoni Bersama Masyarakat,” ucap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, sesaat sebelum melepas peserta gerak jalan sehat yang diikuti pejabat dan pegawai Kemendikbud, guru, siswa, komunitas, dan masyarakat umum, di halaman kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Minggu (28/04/2019).

Pelaksanaan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan sebagai rangkaian dari peringatan Hardiknas, kata Mendikbud, sejak tahun lalu dirubah pelaksanaannya. Seluruh provinsi secara serempak menyelenggarakan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan, yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud di daerah bekerjasama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

“Masing-masing daerah penyelenggaraan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan yang dikoordinasikan oleh UPT Kemendikbud bekerja sama dengan dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu, kita juga libatkan sebanyak mungkin para pelaku pendidikan,” jelas Mendikbud.

Pelaksanaan Hardiknas hari ini, kata Mendikbud, berlangsung sangat meriah dengan hadirnya ribuan orang dalam berbagai acara yang diselenggarakan, seperti jalan sehat bersama keluarga dan masyarakat, hiburan bersama artis ibu kota, dan festival band siswa dengan tema “Saya Anak Anti Korupsi”. Selanjutnya, juga ada tari tradisional yang dibawakan oleh mahasiswa asing peserta program Darmasiswa. Dan yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta dan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut yakni pengundian hadiah lawang (doorprize), berhadiahkan puluhan sepeda dan barang berharga lainnya.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan, salah satunya adalah jalan santai. Tadi saya tidak jalan tetapi lari,” canda Mendikbud.

Mendikbud berharap pelaksanaan Hardiknas tahun ini dapat menjadi refleksi dalam memperkuat peran pendidikan dan mendukung kemajuan kebudayaan Indonesia, sesuai dengan tema Hardiknas tahun ini “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. (Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *