Palapa Ring Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Daerah 3T

Porosnusantara.co.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengharapkan Proyek Palapa Ring dapat membawa manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kemudahan akses informasi, termasuk pemanfaatan pelayanan internet untuk kehidupan sehari-hari bagi masyarakat di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

“Kita ingin anak-anak kita belajarnya lebih luas lagi pengetahuannya dengan melihat di internet. Nelayan kita pendapatannya meningkat, ada aplikasi tentang lokasi ikan, dan mereka bisa pulang kalau berlayar. Kita ingin masyarakat berdagang lebih mudah, yang menjual maupun yang membeli lebih mudah, menghilangkan perantara,” kata Menkominfo Rudiantara dalama acara Festival Teknologi Palapa Ring di Ruang Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Rabu (20/03/2019).

BACA JUGA  Pasangan Suami Istri dan Anaknya di Bantai Diduga Orang Stres

Tak hanya itu, Menkominfo berharap seluruh fasilitas masyarakat dapat meningkatkan layanan masyarakat yang lebih baik lagi dengan hadirnya Palapa Ring. “Jadi semua sendi kehidupan kita lebih baik, semua fasilitas masyarakat, puskesmas, rumah sakit, dapat melayani masyarakat kita lebih baik lagi,” jelas Menteri Rudiantara.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama Badan Aksesibilitas Tekelomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif mengatakan bahwa pemerintah membangun Palapa Ring sebagai sarana infrastruktur serat optik yang dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan koneksi internet ke daerah-daerah tersebut dengan bantuan operator.

BACA JUGA  Tingkatkan Konektivitas Layanan Publik Lewat Proyek SMF SATRIA

“Pada saat itu Pak Menkominfo mencanangkan, proyek ini harus selesai sebelum Kabinet Kerja berakhir. Saat ini Palapa Ring Paket Barat dan Tengah sudah beroperasi penuh, sedangkan Paket Timur telah mencapai selesai 94% dan ditargetkan selesai pertengahan tahun 2019,” kata Anang. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *