Halte Pemberhentian Kereta Api Akan Dibangun di Kota Padang

Padang, Poros Nusantara – Pemerintah akan segera melakukan penambahan beberapa halte pemberhentian kereta api di Kota Padang. Hal tersebut dilakukan seiring dengan adanya rencana menjadikan kereta api Padang – Bandara Internasional Minangkabau  (BIM) menjadi angkutan KA Commuter. ” Kedepannya akan dibangun sejumlah halte agar nantinya kereta api yang ada tidak hanya melayani jalur Padang – BIM, namun juga menjadi transportasi umum masyarakat Padang “, ungkap Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Penyelenggaraan Kereta Api Perintis Minangkabau Ekspress di Hotel Grand Inna Muara, Padang (10/08).

Pihaknya menjelaskan bahwa transportasi kereta api lebih aman dibandingankan dengan transportasi lainnya dan juga ramah lingkungan, tepat waktu dan handal. ” Wilayah perkotaan cenderung lebih memanfaatkan kereta api sebagai transportasi, hal tersebut juga menjadi salah satu ciri – ciri kota modren “, jelasnya. Pihaknya juga menambahkan bahwa  untuk pembangunan transportasi kereta api ini membutuhkan biaya investasi yang lebih besar, oleh sebab itu memerlukan perencanaan yang mendalam dan evaluasi dan perbaikan terus – menerus.

BACA JUGA  HUT LALU LINTAS KE-62, SATLANTAS POLRES PASAMAN GELAR BAKTI SOSIAL

Sedangkan Dosen KK Transportasi Fakultas Teknik Unand, Yossyafra mengatakan bahwa transportasi publik merupakan komponen penting dalam keseluruhan proses pengelolaan sistem transportasi wilayah. ” Kami telah melakukan survei respon masyarakat pada pengoperasikan kereta api Minangkabau Ekspress, dengan 280 orang responden menyatakan perlunya transportasi kereta api ke Bandara Internasional Minangkabau “, jelasnya. Hal tersebut dikarenakan saat ini BIM melayani sekitar 9000 penumpang/hari dengan jumlah penerbangan 54 flight/hari, sehingga untuk itu sangat dibutuhkan keberadaan transportasi perkeretaapian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *