INCHE SAYUNA : IWAPI MENJADI JEMBATAN EMAS PENGUSAHA PEREMPUAN UNTUK PEREKONOMIAN NTT

KUPANG, POROS NUSANTARA –  Inche Sayuna, SH.M Hum. Mkn. secara resmi dilantik Ketua Dewan Pimpinan Pusat ( DPP) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia( IWAPI), Ir Dyah Anita Prihapsari, MBA. Untuk memimpin Dewan Pimpinan Daerah( DPD) Nusa Tenggara Timur periode 2018-2023. Iche berjanji akan membawa IWAPI NTT kearah yang lebih baik, terutama kualitas hidup perempuan NTT.

Inche Sayuna ketika memberikan sambutan pada acara pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD IWAPI NTT di Swiss Belinn Hotel Sabtu, ( 20/1/2018) mengatakan, “Momen pelantikan ini merupakan sebuah berkat yang perlu di syukuri, kehadiran IWAPI NTT tentu membawa angin segar dalam meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan NTT. Keyakinan ini diperkuat dengan kehadiran Wakil Gubernur NTT, Beni Litelnoni sebagai pembina IWAPI NTT, Ketua Kamar Dagang Industri( KADIN) NTT, Paul Liyanto dan Ketua HIPMI NTT serta pengurus organisasi perempuan”. Menurut Inche, berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa perempuan itu sosok yang lemah, tetapi merupakan sebuah kekuatan yang besar yang bisa mendorong kemajuan ekonomi daerah.

BACA JUGA  Elfrianto :Selamat dan Sukses Putra Terbaik Wajo,Brigjen TNI Dr. Abdul Rasyid, S.H., M.Hum.,Dilantik Sebagai Kadilmiltama.

IMG-20180121-WA0006

 

 

 

 

 

 

Dijelaskannya, dalam diskusi terbatas dengan Gubernur NTT dikatakan bahwa, pertumbuhan ekonomi NTT saat ini lebih besar dari pertumbuhan Indonesia berkisar 5,8% dan yang menggembirakan sektor utama adalah sektor Riil, yang rata-rata usahanya dipegang oleh kelompok perempuan. Untuk itu lanjut Inche, dirinya sangat percaya bahwa pelantikan dan pengukuhan IWAPI NTT ini akan menjadi jembatan emas untuk menghubungkan para pengusaha-pengusaha perempuan sehingga diharapkan perekonomian NTT lebih maju lagi.

Lebih lanjut dikatakannya, sesuai fakta di NTT pengusaha perempuan NTT itu mempunyai kepemilikan saham 51% dikelola sendiri oleh pengusaha perempuan, namun problem utamanya adalah pada akses modal dan net working, “Saya kira IWAPI dengan kekuatan 30.000 anggota yang bergerak diseluruh Indonesia dengan berbagai usaha, akan menjadi sebuah kekuatan dan mitra untuk kita saling berjejaring menolong perempuan diberbagai tempat untuk meningkatkan ekonomi didaerah masing-masing untuk kejayaan dan kesejahteraan anggota dan organisasi IWAPI”, kata mantan anggota DPRD NTT ini.

BACA JUGA  Berkat Modal Anggota, KSP Senyum Lestari Berkembang

Ketua Dewan Pimpinan Pusat IWAPI  Dyah Anita Prihapsari menjelaskan, IWAPI merupakan wadah organisasi perempuan pengusaha yang mempunyai Visi dan Misi agar perempuan di NTT dan Indonesia secara umum bisa mandiri secara ekonomi. Menurutnya, keberadaan IWAPI sesungguhnya untuk memperjuangkan nasib perempuan dan IWAPI harus bergerak menyemangati dan memotivasi perempuan NTT agar bisa menjadi pengusaha yang mandiri, Dyah menjelaskan kebanyakan manajemen IWAPI adalah manajemen “by love” semua dengan hati dan ini sangat diperlukan.

“Perlu diketahui bahwa, IWAPI adalah organisasi profesi dibawah payung KADIN, bukan organisasi politik dan juga bukan organisasi sosial. Kami bukan dibawah pemerintah, tapi sebagai mitra pemerintah, dalam program kami fokus pada 3 program yakni, Anggaran Dasar( AD), Anggaran Rumah Tangga( ART) dan Peraturan Ketentuan Organisasi”, katanya.

BACA JUGA  Siswa TK di Kota Kupang Dapat Sosialisasi Gemar Menabung

Beni Litelnoni Wakil Gubernur NTT yang juga salah satu pembina IWAPI NTT, memberikan apresiasi atas kehadiran IWAPI di NTT, dirinya berharap IWAPI dapat membuka akses dalam memperdayakan kaum perempuan di Nusa Tenggara Timur. Pemerintah akan senantiasa memberikan dukungan terhadap potensi-potensi yang ada, sehingga nantinya kaum perempuan NTT bisa sukses dan mandiri.

IMG-20180121-WA0007

 

 

 

 

 

 

(Laporan : Erni Amperawati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *