BUPATI TITU EKI TERIMA 15 MAHASISWA UNS

KUPANG,POROSNUSANTARA – Bupati Kupang Ayub Titu Eki menerima 15 orang mahasiswa dari Universitas 11 Maret Surakarta Solo (UNS) yang akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Kupang,  para mahasiswa ini terhitung tanggal 15 Januari-19 Februari 2018 melakukan KKN tepatnya di Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah,  Kabupaten Kupang.

Berbagai kegiatan yang akan dilakukan diantaranya,  mempromosikan pesona wisata Gunung Fatuleu, mengembangkan perekonomian masyarakat dengan membimbing masyarakat dalam pengembangan tenun ikat, pengolahan buah nanas hingga melakukan edukasi soal humas traficking dan pendidikan bagi anak sekolah.

Bupati Kupang Ayub Titu Eki saat menerima rombongan mahasiswa KKN, Senin (15/1/2018) mengapresiasi kedatangan mahasiswa UNS yang mau membagikan ilmunya dengan melakukan kegiatan KKN di Kabupaten Kupang.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan UNS yang telah mengirimkan dan mempercayakan anak didiknya untuk melaksanakan KKN di Kabupaten Kupang,  Bupati Ayub berharap kerjasama dan hubungan baik antara Pemkab Kupang dan Univeristas  11 Maret dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan dengan MOU sehingga ada ikatan.

BACA JUGA  BKMT Jakarta Utara Gelar Rapat Kerja Daerah

Terhadap program KKN mahasiswa UNS, Bupati Ayub meyakini ilmu yang dibagikan dan diterapkan di masyarakat pasti memberikan manfaat nyata. Bupati Kupang Ayub Titu Eki sangat mendukung program Pesona Wisata Gunung Fatuleu dari mahasiswa UNS mengingat saat ini Gunung Fatuleu merupakan salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Kupang.

Bupati Kupang  2 periode tersebut menjelaskan pembenahan dan peningkatan fasilitas di lokasi wisata gunung fatuleu terus dilakukan diantaranya dengan membuat tangga menuju puncak, pembenahan dan penataan lokasi masuk, membuat jalan keliling lokasi gunung fatuleu, pembangunan rumah adat yang menjadi lokasi sport foto, kolam renang hingga lopo-lopo penginapan/homestay yang bersifat tradisional. “Kita upayakan lokasi gunung fatuleu menjadi lokasi wisata yang nyaman dan menarik minat pengunjung dari dalam dan luar daerah,”  tegas Doktor lulusan Adelaide University, Australia tersebut.

BACA JUGA  Arsenal Gilas Fulham 4-1, Jaga Peluang

ntt4Diakhir sambutannya Bupati Ayub mengharapkan kehadiran mahasiswa UNS di Kabupaten Kupang memberikan dampak nyata dan menjadi kado terindah bagi masyarakat di desa Nunsaen Kabupaten Kupang.
Elfrits D. Sane, Koordinator lapangan CIS Timor menjelaskan bahwa KKN mahasiswa UNS merupakan kolaborasi Kerjasama antara UNS-Pemkab Kupang,  Cis timore,  Care int dan Rumah Perempuan. Program ini baru pertama kali diadakan demi memberikan manfaat nyata bagi masyarakat lewat kegiatan pemberdayaan dan diharapkan akan terus dilakukan kedepan.

Beberapa hal yang akan dilakukan oleh mahasiswa diantaranya promosi pesona gunung fatuleu, penguatan kapasitas untuk perempuan, edukasi, pengembangan ekonomi pengolahan nanas dan tenun yang ada di desa Nunsaen Kabupaten Kupang.  Bowo Winarno Ketua tim dan dosen pendamping mahasiswa KKN UNS berharap lewat KKN ini potensi yang ada masyarakat di Desa Nunsaen dapat dikembangkan seperti potensi pangan lokal, potensi pariwisata dan lainnya. Dirinya berharap secara maksimal dapat mendukung pengembangan ekonomi masyarakat, mengingat sistem KKN di UNS sudah tematik.  Salah satu goal yang ingin dicapai adalah  pelaksanaan festival pesona Gunung Fatuleu tanggal 18 Februari 2018 mendatang.  Selain itu juga pelatihan sdm pariwisata tanggal 4 dan 11 Februari dengan melibatkan elemen masyarakat, dinas pariwisata kabupaten demi mempromosikan potensi wisata gunung Fatuleu.

BACA JUGA  Pemerintah Siap Gelontorkan Dana 1 Millar Dollar Untuk Menanggulangi Sampah Plastik

 

( Laporan : Erni Amperawati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *