oleh

NUANSA HEROIK DALAM UPACARA 17 AGUSTUS 2017 DI LAPANGAN KOMPI KALIBARU KULON

BANYUWANGI, POROS NUSANTARA – Ada yang lain dalam upacara detik-detik proklamasi ,Kamis 17 Agustus 2017 di Kecamatan Kalibaru. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, jika suasana upacara detik-detik proklamsi terasa khidmat dan kaku, maka kali ini upacara itu menjadi terasa meriah namun dalam balutan suasan heroik dan patriotisme, akan tetapi tidak meninggalkan nuansa khidmat dan khusuk.
Tampak ribuan orang yang hadir, baik masyarakat maupun peserta upacara yang berasal dari siswa-siswi mulai tingkat SD hingga SMA se-kecamatan Kalibaru, begitu semangat dan antusias mengikuti jalannya upacara.

Dengan cuaca yang cerah, terik mentari pagipun terasa sedikit membakar kulit, karena perhelatan upacara ini baru dimulai pada pukul 8.30 WIB. Akan tetapi tidak mengurangi semangat mereka dalam mengikuti upacara ini.Dirai Prawira salah satu murid SMPN 1 Kalibaru yang mengikuti upacara ini tampak senang meski  mulai sedikit kepanasan, terlihat dari peluh keringat yang mengucur diwajahnya. “gak papa panas, tapi saya senang kok” ketika di tanya Poros Nusantara.

BACA JUGA  DEJAVU FUTSAL CLUB INDONESIA SIAP MENUJU TINGKAT NASIONAL

Sebelum upacara dimulai, para peserta disuguhi  alunan musik daerah Banyuwangi yang dibawakan oleh salah satu MTSN serta SMKN di kecamatan Kalibaru. Dan tepat pukul 8.30, seiring masuknya pasukan marcing band salah satu SMK, upacara detik-detik proklamasi ini di mulai. Lalu dilanjutkan tarian kolosal yang begitu meriah dan memukau.

BACA JUGA  Susu Kedelai Cap gendong

Dengan membawakan kisah perjuangan Sayu wiwit melawan kompeni, sebagai tanda perjuangan rakyat Banyuwangi dalam merebut kemerdekaan RI tercinta. Diiringi alunan gamelan khas Banyuwangi, serta tata suara (sound system) yang cukup baik. Terasa suasana heroik dan patriotisme itu mampu menggetarkan telinga dan jantung penonton, yang membius mereka ikut larut dalam suasana perjuangan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia atau ibu pertiwi tercinta.

BACA JUGA  Bangladesh Berminat Impor Embrio Ternak Dari Indonesia

Laporan: LEH/FA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini