Jakarta – porosnusantara.co.id
Telah terjadi kebakaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tepatnya di tenant F&B Terminal 3 pada hari Minggu (1/9/2024). Kejadian bermula sekitar pukul 04.24 WIB dan segera dilaporkan ke tim Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) menangani situasi tersebut pada pukul 04.30 WIB.
PT Angkasa Pura II (Persero) meengabarkan bahwa kebakaran berhasil dipadamkan tanpa berdampak pada jadwal penerbangan. Executive General Manager Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana menyatakan, otoritas bandara telah menangani insiden ini dengan cepat. Operasional bandara tetap berjalan normal tanpa gangguan.
“Operasional bandara tidak terdampak. Kami juga sudah membagikan masker kepada penumpang, sehingga proses boarding bisa berjalan seperti biasa,” kata Dwi dilansir dari Antara pada Minggu (1/9/2024).
Sekitar 20 petugas pemadam kebakaran internal Bandara Soetta dikerahkan untuk mengatasi api dengan bantuan petugas Avsec dan teknisi bandara. Berkat upaya tersebut, kebakaran dapat ditangani dengan baik.
Saat ini, petugas ARFF tengah melakukan proses normalisasi di lokasi kebakaran. Termasuk menghilangkan asap menggunakan vacuum smoke dan exhaust fan.
“Beruntung tidak ada korban jiwa atau luka. Tenant yang terdampak juga dipastikan bisa beroperasi kembali,” tambahnya.
PT Angkasa Pura II menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, namun menegaskan bahwa operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta tetap berlangsung normal.
Investigasi terhadap penyebab kebakaran yang terjadi di bagian atap antara kafe KOI dan Tour Les Jours di Terminal 3 keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta masih dilakukan.
Hal ini disampaikan Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, Holik Muardi pasca terjadinya insiden kebakaran.
“Investigasi terkait penyebab munculnya titik api di salah satu tenant tersebut tengah berjalan,” kata Holik Muardi.