Produk Manufaktur Cerdas Taiwan akan Dukung Transisi Industri di Indonesia

  • Bagikan

Jakarta – porosNusantara|| Sejumlah perusahaan serta produk-produk manufaktur cerdas asal Taiwan ikut meramaikan gelaran pameran Manufacturing Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara, 6-9 Desember 2023. Hal tersebut menunjukkan komitmen Taiwan dalam mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, yang mendukung transisi dari sistem manufaktur industri konvensional kepada sistem industri yang ramah lingkungan.

Sebagai negara eksportir peralatan mesin terbesar kelima di dunia, Taiwan memainkan peran penting dalam mendukung rantai pasokan industri Indonesia untuk meningkatkan upaya kinerja Indonesia dalam tren tersebut. Pada tahun 2022, nilai ekspor peralatan mesin Taiwan mencapai 3,02 miliar dolar AS, meningkat setiap tahun sebesar 8,6%.

Saat ditemui dalam acara pameran, Frank Lu selaku Director of Economic Division Taipei Economic and Trade Office in Indonesia, menyampaikan bahwa hubungan perdagangan antara Taiwan dan Indonesia cukup menjanjikan. Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia tercatat sebesar 51,7 poin pada November 2023, yang mengindikasikan pertumbuhan tanpa henti selama 27 bulan berturut-turut. Oleh karena itu diharapkan melalui pameran dagang ini, produk dan layanan yang ditampilkan Taiwan dapat berkontribusi pada perluasan lebih lanjut dari kapasitas industri Indonesia, dan juga berperan penting dalam pengembangan manufaktur pintar di dalam negeri.

Selama bertahun-tahun, Taiwan tetap menjadi salah satu pemasok peralatan mesin pintar terbesar untuk pasar Indonesia. Pada tahun 2022, Taiwan mengekspor peralatan mesin pintar senilai 35 juta dollar ke Indonesia, menjadikan Taiwan sebagai salah satu sumber impor mesin bagi Indonesia. Masih banyak ruang untuk peningkatan, karena Indonesia terus meningkatkan produksi untuk pertumbuhan berkelanjutan.

Salah satu perusahaan manufaktur asal Taiwan yang turut meramaikan pameran tersebut yakni Profet AI Technology Co. Ltd. yang memiliki platform AutoML Tanpa Kode berfungsi sebagai ilmuwan data virtual untuk pelaku industri, memungkinkan para ahli dengan cepat membangun dan menerapkan model prediksi berkualitas tinggi, mengatasi tantangan pada produksi dan digitalisasi. Dipercaya oleh para pemimpin global di bidang EMS, PCB, Bahan Kimia, Karet, Plastik, Otomotif, dan lainnya, Profet AI mengimplementasikan solusi AI dalam waktu seminggu menggunakan karya-karya sukses dari para raksasa industri.

Perusahaan ini telah berhasil melipatgandakan skala bisnisnya dan menawarkan efisiensi pemanfaatan modal yang luar biasa, menarik lebih dari 160 klien manufaktur skala menengah hingga besar di 14 sektor. Khususnya, lebih dari 70% klien ini adalah para pemimpin industri dan perusahaan publik, seperti AUO, BenQ, Formosa Plastics, Far Eastern Group, Eternal Materials, dan MAXXIS.

“Banyak data customer yang tidak digunakan dengan benar, Profet AI menyediakan jasa untuk meningkatkannya lebih baik dengan generate data menjadi satu model yang nanti dapat digunakan untuk banyak bidang. Langkah pertama Profet AI mengidentifikasi masalah perusahaan, setelah tahu permasalahannya, Profet AI akan menentukan mana AI yang digunakan untuk solusi. Banyak perusahaan hanya punya data tapi tidak memiliki toolsnya. Profet AI menyediakan tools yang mudah tanpa harus memerlukan professional IT untuk menjalankannya.,” kata Global General Sales Manager Profet AI, Jonathan Yu.

Sebanyak lebih dari 50 perusahaan Taiwan yang bergerak di bidang industri hadir di pameran Manufacturing Indonesia 2023. Berdasarkan pantauan, jumlah pengunjung yang mengunjungi Paviliun Taiwan Smart Manufacturing (Hall A3, Stand No. 3216) mencapai lebih dari 500 orang selama 4 hari pameran. Sebanyak lebih dari 30 media ikut meliput Paviliun Taiwan dalam pameran tahunan yang diselenggarakan di Manufacturing Indonesia 2023. Terdapat 3 asosiasi yang menyelenggarakan Paviliun Taiwan di pameran Manufacturing Indonesia 2023 ini, antara lain Taiwan Association of Machinery Industry (TAMI), Taiwan Machine Tools Builders Association (TMBA) dan Taiwan Fluid Power Association (TFPA).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *