Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Berkomitmen Untuk Tetap Menjaga Dan Melestarikan Seni Tradisi Yang Ada Di Nagari Kabupaten Solok

  • Bagikan

Kabupaten SolokPoros Nusantara|| Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) berkomitmen untuk tetap menjaga dan melestarikan seni tradisi yang ada di nagari di Kabupaten Solok.

Disparbud Kabupaten Solok kali ini turun melakukan pembinaan ke grup seni Tuah Sarumpun, Nagari Limau Lunggo, Kecamatan Lembang Jaya.

Pembinaan ini merupakan pembinaan kedua yang dilaksanakan dalam minggu ini ke Limau Lunggo, sebelumnya Disparbud lebih dulu mengunjungi grup Indang PKK Nagari Limau Lunggo pada Minggu sebelumnya

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Disparbud Kabupaten Solok tersebut ditampilkan beberapa kesenian tradisi seperti Silek, Tari Tangan, Tari Tupai Jonjang, Tari Piring dan Cimuntu.

Alek yang tampak ramai itu diiringi juga dengan makan bersama menggunakan daun pisang yang diketahui merupakan budaya grup ketika kedatangan tamu.

Hadir pada kesempatan ini dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok yaitu Kabid Kebudayaan Irman. Menurut Irman, Disparbud sangat mendukung dan bangga dengan adanya keinginan masyarakat untuk melestarikan seni tradisi.

Kalau tidak dilestarikan akan hilang ditelan jaman, sehingga generasi berikutnya hanya akan mendengar sebagai sebuah cerita,” kata Irman.

Kemudian ketua grup Tuah Sarumpun Ampang Basa berterima kasih atas kunjungan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok yang telah memperhatikan grup kesenian yang ada.

Ia berharap kedepan adanya bantuan peralatan kesenian untuk kemajuan dan sebagai motivasi bagi grup seni Tuah Sarumpun.(Dy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *