Lanal Sabang Peringati Hari Armada RI Ke-76 Secara Sederhana

  • Bagikan

Sabang. porosnusantara.co.id –  Pangkalan TNI AL Sabang mengikuti peringatan Hari Armada RI Ke-76 dipimpin oleh Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., diwakili oleh Palaksa Letkol Laut (KH) Husni, S.Ag., bertempat di Lounge Room Teuku Umar Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (6/12/2021).

Peringatan Hari Armada RI Ke-76 dipusatkan di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya yang disiarkan secara live streaming dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dengan tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju”, merupakan momentum yang sangat tepat bagi segenap jajaran TNI Angkatan Laut untuk merefleksikan diri, melakukan instrospeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan pencapaian tugas-tugas yang telah dilaksanakan.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan ini merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan Armada RI. Keteladanan dari para sesepuh ini haruslah menjadi pegangan bagi kita generasi penerus saat ini dan di masa mendatang. Namun, hal terpenting pada momen peringatan Hari Armada ini adalah wujud rasa syukur kita kepada tuhan yang maha kuasa, sehingga Armada RI dapat senantiasa melaksanakan tugasnya selaku cakrawati samudera dengan gemilang, meskipun ditengah kondisi pandemi covid-19.

BACA JUGA  KEJARI KARAWANG TERUS MENGAWAL PEMBANGUNAN PEMDA DUA

“Sebagai ksatria pengawal samudera, Armada RI harus mampu menunjukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di laut. Satu yard-pun tidak akan kita mundur, karena tidak ada tawar menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa. Prinsip ini harus kita pegang teguh selamanya, meskipun nyawa yang menjadi taruhannya,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa sebagai Prajurit Jalasena, Armada RI harus siap setiap saat dalam menjalankan amanat rakyat untuk menjaga lautan nusantara. Karena kita adalah tulang punggung kembalinya kejayaan maritim Indonesia. Oleh karena itu, bila ingin menjadikan negara indonesia menjadi negara yang kuat, Armada RI harus mampu mengawal dan melindungi setiap yard lautan nusantara.

“Armada harus dilengkapi dengan kapal-kapal perang yang mumpuni dan modern. Meskipun membangun kekuatan suatu armada bukan pekerjaan yang mudah dan singkat, serta membutuhkan waktu, pemikiran, dan biaya yang tidak sedikit, namun semangat untuk terus membangun armada yang perkasa tidak pernah akan surut karena bagi Indonesia, armada kapal perang adalah sebuah keniscayaan. Untuk itu, cintai armada ini rawatlah kapal-kapal dengan penuh rasa bangga karena mereka adalah kuda-kuda perang yang akan membawamu menggulung lawan bagaikan badai di lautan, serta isi diri dengan berlatih dan berlatih buktikan kepada rakyat Indonesia bahwa kalian layak menyandang predikat sebagai Ksatria Perkasa Ditengah Samudera Ghora Vira Madya Jala,” tuturnya.

BACA JUGA  PARTAI GOLKAR PASAMAN TELAH MELAKSANAKAN VERIFIKASI PARPOL

Diakhirr sambutannya, Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan “Dirgahayu Armada Republik Indonesia”. Teriring doa dan harapan agar Armada RI senantiasa menjadi ksatria pengawal samudera, untuk kejayaan maritim demi Indonesia maju. Ingatlah selalu, bahwa kapal perang dibuat bukan untuk ditambat di dermaga, namun untuk berlayar mengarungi ganasnya samudera, agar bangsa Indonesia dapat hidup dalam damai. Pelaut yang hebat bukan lahir dari lautan yang tenang, tetapi buah dari tempaan ombak dan gelombang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menyapa melalui video conference prajurit yang sedang bertugas di daerah operasi yakni KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang tergabung dalam Satgas MTF di Perairan Mediterania, KRI Bung Tomo-357 yang sedang melaksanakan Satgas Pengamanan Perbatasan di Perairan Natuna Utara, Satgasmar Ambalat, Satgasud Ambalat. Juga menyapa secara langsung Prajurit TNI AL yang bertugas di wilayah perbatasan yakni Lanal Sabang, Lanal Rote, dan Lanal Timika.

BACA JUGA  Pastikan Keamanan Misa, Kapolri Harap Umat Kristiani Ibadah Dengan Tenang

Setelah pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Palaksa Lanal Sabang Letkol Laut (KH) Husni, S.Ag., dan diserahkan kepada perwakilan Tamtama Remaja Kld Bah Mizrah Alfiansyah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., diwakili Palaksa Letkol Laut (KH) Husni, S.Ag., Kafasharkan Sabang Letkol Laut (T) Teguh Sukrisno, S.T., M.T., Kabagren Fasharkan Sabang Letkol Laut (S) M. Aulia Arifin, S.E., Komandan Lanudal Sabang Mayor Laut (P) Nasrulloh, M.Tr.Opsla., Ka. Akun Lanal Sabang Mayor Laut (S) Donny Anshar Fabrizani, S.E., M.M., Pasintel Lanal Sabang Mayor Laut (T) Rudi Amirudin, Ka. Rumkital J. Lilipory Sabang Mayor Laut (K) Dr. Sofyan Ali Basit, Sp.Ba., Danunit Intel Lanal Sabang Kapten Laut (E) Punto Pandowo, BP Akun Lanal Sabang Kapten Laut (S) Mahdani, S.H., Pgs. Pasops Lanal Sabang Kapten Laut (P) Surya Darma, Pasproga Lanudal Sabang Kapten Laut (E) Tallasa, Perwira Staf Lanal Sabang dan Lanudal Sabang, Bintara, Tamtama, ASN Lanal Sabang dan Lanudal Sabang.

Red

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *