oleh

Zuldafri Dharma, S.H Buka Galundi Singkarak Festival di Nagari Batu Taba

Poros Nusantara, Kabupaten Tanah Datar Sumbar – Galundi Festival Singkarak(GSF) merupakan event budaya yang pertama kali di laksanakan oleh pemerintahan nagari yang berkolaborasi dengan masyarakat Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanag Datar. Kegiatan ini adalah semacam bentuk kegiatan yang mengangkat budaya kearifan lokal dan penyaluran aspirasi kreatifitas kaum muda.

Seperti yang disampaikan oleh Desrianto, Walinagari Batu Taba bahwa GSF ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan serta mengangkat budaya kearifan lokal. ” Disamping itu, harapan kami kegiatan ini tentu kedepannya bisa menjadi event dan agenda tahunan baik bagi Nagari Batu Taba maupun event kalender tahunan Kabupaten Tanah Datar untuk pariwisata. Selain itu, bagi remaja dan pemuda kami, bisa sebagai wadah menyalurakan aspirasi, bakat dan kreatifitasnya dalam bidang kesenian yang ada di Nagari Batu Taba.Terimakasih kami ucapkan kepada masyarakat Nagari Batu Taba dan perantau serta panitia pelaksana atas terselenggaranya acari kita ini. Sukses hendaknya kegiatan kita ini dari awal hingga akhir nantinya,” kata Desrianto, Minggu(27/10).

BACA JUGA  Polres Metro Depok Bersama.Polsek Bojong Gede Gelar Vaksinasi Merdeka di Desa Rawa Panjang

Galundi Singkarak Festival ini dilaksanakan di tepian Danau Singkarak yang nama lokasinya Galundi.
Zuldafri Dharma, S.H,l., Wakil Bupati Tanah Datar dalam kesempatan ini pun hampir senada mengatakan bahwa kegiatan inis sangat spektakuler, sarat dengan nuansa adat dan budaya. ” kami dari Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar mengapresiasi setinggi – tingginya atas kegiatan ini, karena Batu Taba telah ikut mempromosikan Kabupaten Tanah Datar. Event ini telah membantu melestarikan dan mengembangkan adat budaya kearifan lokal serta mengangkat kehormatan daerah yang merupakan bagian dari kekuatan dan modal kita,” ujar Zuldafri Dharma.

BACA JUGA  Kementan Ajak Pelaku Perunggasan Nasional Stabilkan Harga Unggas Hidup

Lebih lanjut lagi, ujarnya bahwa lebih kurang 520 kabupaten/kota yang ada di Indonesia, Kementrian Pariwisata mengambil 100 kalender of event, 3 diantaranya ada di Sumatra Barat, dan salah satumya ada di Kabupaten Tanah Datar. ” Mudah – mudahan di tahun 2020 kalender event pariwisata Sumatra Barat bertambah untuk Tanah Datar, yaitu Galundi Singkarak Festival ini. Atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan terimakasih karena kegiatan ini, dan nanti tetap kita usahakan untuk masuk dalam ranah pariwisata event tahunan Kabupaten Tanah Datar,” pungkas Wakil Bupati Tanah Datar ini.

BACA JUGA  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise berkunjung ke Nabire Papua

Festival yang dilaksanakan dua hari ini dihadiri oleh berbagai tokoh dan petinggi daerah mulai dari Wakil Gubernur Sumatra Barat, Anggota DPR RI, Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, Walikota Payakumbuh, jajaran OPD Tanah Datar, Forkopimca, instansi vertikal serta masyarakata dan berbagai turis baik lokal maupun mancanegara….(dwi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini