Menkominfo: Butuh Proses Panjang Tumbuhkan Kesadaran Literasi

Porosnusantara.co.id, Jakarta – Menumbuhkan kesadaran literasi bagi masyarakat bukanlah pekerjaan mudah.  Hal itu menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membutuhkan proses panjang dan berkesinambungan. 

“Literasi adalah hal yang fundamental, hal yang strategis. Namun, literasi ini bukan pekerjaan yang mudah, karena memerlukan waktu yang lama,” kata Menteri Rudiantara dalam Peluncuruan Buku Literasi Digital oleh Siber Kreasi, di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta,  Senin (01/04/2019).

Selain itu, kata Menteri Kominfo, hal penting lainnya adalah keberadaan sumber daya manusia yang banyak dan berkualitas. “Misalnya yang telah dilakukan Gerakan Siber Kreasi. Mereka punya lebih dari 100 mitra dari organisasi maupun lembaga, dan LSM,” tambahnya. 

BACA JUGA  Buka Acara Sepeda Santai Hari Air Dunia 2022, Menteri Basuki Pesan Serius Siapkan Indonesia Jadi Tuan Rumah WWF 2024

Siber Kreasi merupakan komunitas yang bergerak di bidang literasi digital. Sejauh ini, gerakan Siber Kreasi telah menjangkau ratusan kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Menteri Rudiantara juga menyarankan agar setiap program yang dilakukan, harus melihat pada efektivitas.  Artinya, diharapkan tidak terlalu banyak program yang dilakukan secara bersamaan.

“Saya berharap, program-program ini saking banyaknya, kadang-kadang kita bingung sendiri, programnya bayak. Kita harus lihat efektivitas dari program,” ucap Menteri Rudiantara.

BACA JUGA  Dinas Perpustakaan Dan Kearsiapan Raih Beberapa Penghargaan Pada Gelar Buku 2017 Sumut

Berkaitan dengan hal tersebut. Menteri Rudiantara mengevaluasi hasil dari indeks literasi di empat kota. Pasalnya program tersebut hanya melihat dari sisi potret yang dilakukan, apakah kegiatan yang dilakukan tersebut hanya sebatas memberikan informasi, atau ada langkah lainnya.

“Karenanya, saya juga minta, kita review semua program mana yang efektif. Kalau efektifnya otodidak (belajar sendiri). Ya sudah, gampangnya kita kerjasama dengan semua operator seluler,” tegas dia. 

BACA JUGA  Jago Sosialisasi Di Radio Rama FM Bandung

Menurut Rudiantara, umumnya. Masyarakat kita saat ini kebanyakan mendapatkan manfaat informasi dari internet melalui ponsel (gadget). Meskipun sedikit yang menggunakan komputer. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *