Lewat Puskesmas, Walikota Sawahlunto Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Deri Asta, Walikota Sawahlunto (Foto: Humas)

PorosNusantara, Sawahlunto – Selain melayani pengobatan bagi masyarakat yang terganggu penyakit, Puskesmas juga memiliki peran strategis dalam membudayakan hidup sehat bagi masyarakat dan lingkungan. Peran preventif (pencegahan) terjadinya penyakit inilah yang juga harus dimaksimalkan, sebab mencegah bagaimanapun tentu lebih baik daripada mengobati.

Walikota dan Staff Puskesmas Kolok, Kec. Barangin
Walikota dan Staff Puskesmas Kolok, Kec. Barangin

Berkaitan dengan itu, Walikota Deri Asta mengajak puskesmas – puskesmas di Kota Sawahlunto untuk dapat meningkatkan pencegahan terjadinya penyakit dengan cara membudayakan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Ada pun cara – cara untuk hal itu hendaknya dapat dilakukan semenarik dan seinovatif mungkin, tidak terpaku pada sosialisasi – sosialisasi yang bersifat seremonial saja.

BACA JUGA  Pack berisi handsanitizer 60ml, masker tiga lapis, warga juga diberikan snack box dan minumar ringan.

“Kita di puskesmas – puskesmas ini tugasnya tidak hanya melayani masyarakat yang datang berobat. Jangan lupa, kita juga punya tugas strategis untuk mencegah masyarakat jangan sampai sakit. Tugas yang ini tidak boleh kita sepelekan, kita kan tahu bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati,” sebut Deri Asta, dalam sambutannya ketika menghadiri silahturrahim dan syukuran di Puskesmas Kolok, Kecamatan Barangin yang baru memperoleh akreditasi utama, Selasa (08/01).

BACA JUGA  Kiat Membangun Usaha Travel Dan Rental Mobil

WhatsApp Image 2019-01-08 at 19.27.39

Sebab itu, kata Deri, maka kedekatan dengan masyarakat menjadi kunci. Jika sudah punya kedekatan dengan masyarakat, tentu akan jauh lebih mudah dalam menyampaikan pesan – pesan kesehatan tersebut.

BACA JUGA  Cegah Sebaran Covis-19, 1.700 Masker Dibagikan kepada Warga oleh Polres Kep Seribu

“Untuk tugas ini, memang perlu ada seni tersendiri juga, sebab kita berhadapan langsung dengan masyarakat. Menyampaikan, memberitahu informasi – informasi hidup bersih dan sehat pada masyarakat ini butuh kedekatan kita dengan masyarakat tersebut. Halangan seperti masyarakat yang enggan mendengarkan, masyarakat yang tidak antusias akan bisa diminimalisir jika sudah ada kedekatan dengan masyarakat,” kata Walikota muda nan murah senyum itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *