BUPATI HADIRI PESTA PASAHAT SULANG – SULANG PAHOPPU KELUARGA JHONI WALKER

SERGAI, POROS NUSANTARA – Pantai Cermin Sergai, Bupati Kabupaten Sedang Bedagai (Kab Sergai) Sumatera Utara Ir H Soekirman ,menuturkan bahwa dalam Adat Istiadat Suku Batak Toba , Sulang – Sulang Pahoppu tersebut adalah merupakan Adat Tradisi yang sangat Sakral yang arti sesungguhnya si Cucu menyulangi Oppungnya, dan sekaligus mengikat tali silaturahmi antara keluarga pria dan keluarga wanita serta mengadakan pesta secara kompak dan ter-Struktur.

Pernyataan diatas tersebut demikian disampaikan oleh Ir H Sorkirman, pada saat menghadiri Pesta Pasahat Adat Nagok dari keluarga menantu pria dalam Bahasa Suku Batak Toba  Hela (menantu) dari Kepala Dinas Pendidikan (Kadis Dik) Kab Sergai Drs Jhoni Walker Manik MM, didampingi istrinya Jumianingsih boru Simarmata dan anak serta menantu prianya , di Aula Wong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (14 /09).

BACA JUGA  PPP KOTA KUPANG PERKUAT KOMITMEN KADER LEWAT LKKD

Soekirman, menyebutkan bahwa dirinya Suku Jawa, tapi bisa Bahasa Batak Toba , sudah Bahasa sehari-harinya. Soekirman, mempelajari Bahasa Batak Toba karna dalam Adat  Istiadat Tradisi Suku Batak Toba, banyak mengandung arti dalam kehidupan sehari-hari, dan juga sebagai cermin untuk  melaksanakan kerukunan, kekompakan,dan saling menghargai, serta menjadi alat untuk menyatukan warga menuju kehidupan dan kerukunan tanpa memandang Suku, Ras, Agama, seta Status Sosial, atau Status Ekonominya, sebut, Ompu Abimanyu.

BACA JUGA  PTP Polri Dedikasikan Terjun Payung HUT Bhayangkara ke-78 Untuk Prabowo Subianto

Bupati, dalam kesempatan tersebut, juga memuji ke kebersamaan dengan organisasi lain, serta kekompakan Keluarga Besar Disdik Kab Sergai.

BACA JUGA  Calon Kepala Kampung Umpu Bakti Ikuti Tes Narkoba Di Kantot BNNK Way Kanan

(Laporan : Dipa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *