PESANTREN PERSATUAN ISLAM 19 BENTAR GARUT MENCETAK SANTRI YANG BERAKHLAKUL KARIMAH

  • Bagikan
Suasana saat Mudir A’m H.Uban Subandi memberikan pengarahan kepada santriwan-santriwati baru tahun ajaran 2017-2018 pesantren PERSSIS 19 Bentar Garut .

GARUT, Poros Nusantara – Keberhasilan,kesuksesan diraih tidak semudah membalikan telapak tangan tentu memerlukan perjuangan dan pengorbanan dan kegigihan dalam meperjuangkan tujuan, seperti halnya Pesantern Persatuan Islam 19 Bentar Garut yang berada di jalan Guntur RT 04/08 Kelurahan Ciwalen Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut berdiri pada tahun 1967. Perlahan tapi pasti berkembang terus,sekarang berdiri kokoh memeiliki luas 1,6 ha, ruang kelas 24, Aula, Ruang Lab, Ruang kesehatan, Asrama putra-putri.

 

Di Pesantern Persatuan islam 19 bentar ada tiga tingkatan : 1. tingkat Diniyah sederajat dengan SD, 2. Tingkat Tsanawiyah sederajat dengan SMP, 3. Tingkat Mu’alimin sederjat dengan SMA.

Setiap tingkatan memiliki Mudir (kepala sekolah), tingkat Diniyah Mudirnya Iin, tingkat Tsanawiyah Mudirnya Ustad Saepul Barqi, tingkat Mu’alimin Mudirnya Ustad Mulyana dan Mudir A’m H. Uban Subandi, jumlah tenaga pengajar 55, jumlah anak didik 700 santri.

Visi Pesantren Persis 19 Bentar: Mewujudkan Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang mengembangkan Tafaqquh Fid-dinsehingga mampu menghasilkan kader-kader Ummatnya menjadi Waratsatul Anbiya (pewaris nabi) serta memahami, mengamalkan dan mendakwahkan Islam.

Indikator :

  • Tafaquh Fid-din (berlandaskan al-quran dan sunnah.
  • Memahami Al-Islam secara Kaffah (Komprehensif).
  • Mengamalkan syari’at Islam.
  • Mendakwahkan Al-Islam bil-lisan (dengan lisan), bil-hal (dengan amal perbuatan terpuji).

Misi Pesantren Persis 19 Bentar: Membentuk kader-kader Ummat yang:

  1. Bertauhid salimah,Beribadah sunnah,berakhlakul Karimah
  2. Memiliki Wawasan keislaman yang luas.
  3. Mampu mengembangkan Potensi diri secara optimal.

Indikator :

  • Melaksanakan pola pendididkan yang sesuai dengan Al-quran dan As-sunnah.
  • Menanamkan semangat berTauhid yang sesuai dengan tuntunan al-quran dan as-sunnah.
  • Mendorong kepada seluruh Santri untuk beribadah sesuai dengan perintah Alloh swt dan contoh Rasululloh.
  • Memberkan contoh kepada santri untuk memperlihatkan akhlakul karimah pada setiap orang.
  • Mendorong kepada santri untuk memiliki semangat dalam mengkaji wawasan keislaman dari berbagai unsur pengetahuan baik media cetak maupun elektronik.
  • Mendorong kepada santri untuk mampu mengembangkan potensi diri.

Kami juga disini di Pesantren Persatuan islam 19 Bentar ada pelajaran ektrakurikulernya seperti Qira’atul Kitab, Ta’sin dan Tahfidz Al-quran, dalam keseniannya ada Calung,seni beladirinya supu taesukan,dan dalam kepanduan pramuka ada subbbanul yaum” terang H.Uban Mudir a’m Pesantren Persatuan 19 Bentar Garut.15/7

Saya riskan melihat pergaulan anak-anak jaman sekarang,kalau tidak diimbangi dengan nilai agama takut terjerumus,makanya kami menyekolahkan anak ke pesantren ini, ya.. pelajaran pengetahuan umumnya dapat,pelajaran agamanya pasti…ok “ kata Aam salah satu orang tua santri.

Dan saya menyekolahkan anak ke Pesantren ini,supaya menjadi anak yang sholeh berakhlakul karimah, berbakti pada orang tua,menjadi anak yang berguna itu kan harapan kita semua” tambahnya.

Pesantren Persatuan Islam 19 Bentar merupakan Cikal bakal Pesantren Persatuan Islam di Garut bahkan keharuman pesantren ini dikenal keseluruh indonesia.  

Laporan: Dadang

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *