Komandan Lantamal XII Hadiri Acara Syukuran HUT Ke-7 Lantamal XII Di Mako Mempawah

  • Bagikan

Mempawah,- Puncak dari rangkaian HUT ke-7 Lantamal XII dilaksanakan acara syukuran yang digelar di Mako Lantamal XII, Jalan Raya Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah, Minggu (07/08/2022).

Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) dan Ketua Koordinator Cabang XII DJA I Ny. Reni Suharto turut hadir dalam acara kegiatan syukuran dalam rangka HUT ke-7 Lantamal XII yang diselenggarakan dengan semarak, berbagai acara ditampilkan diawali dengan tari potong padi yang dipersembahkan oleh para remaja putri adat dayak kemudian acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Untuk mengucapkan rasa syukur dipanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-7 Lantamal XII yang berisi kegiatan bakti sosial pembersihan parit sungai secara massal, bakti kesehatan dengan menggelar pengobatan gratis dan pemberian vaksin dosis 1, 2 dan 3 di Kampung Bahari Nusantara binaaan Dispotmar Lantamal XII, donor darah yang pesertanya dari TNI, Polri, PNS dan anggota Jalasenastri Korcab XII,

termasuk acara yang baru pertama kali diselenggarakan di Kalimantan Barat yaitu Khatulistiwa Triathlon 2022 dengan tiga cabang olahraga sekaligus yakni renang di Sungai Kapuas sejauh 700 meter dilanjutkan bersepeda menempuh jarak 20 km dan diakhiri dengan berlari sejauh 5 km dan finish di halaman Kantor Gubernur Kalbar. Perlombaan Triathlon diikuti oleh 8 Provinsi dengan peserta 76 orang yang terdiri dari atlit nasional putra-putri dan atlit lokal dari Provinsi Kalbar.

Kemudian acara anjangsana ke keluarga Purnawirawan Angkatan Laut yang berada di Pontianak. Kemudian rangkaian kegiatan menyambut HUT Ke-7 diakhiri dengan ziarah rombongan di TMP Dharma Patria Jaya Kabupaten Kubu Raya.

Acara dilanjutkan dengan potong tumpeng yang dikemas dengan apik dibawa oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Sugianto, S.T., M.M., bersama Club Ikatan Motor Besar Indonesia Harley Davidson sehingga membuat surprise pada acara syukuran tersebut.

Pada acara sambutan Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena dapat terlaksananya rangkaian kegiatan HUT ke-7 Lantamal XII dengan aman dan lancar dengan tema “Dengan Semangat Kebersamaan Profesional Modern dan Tangguh Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” ucapnya.

“Lantamal XII baru berusia 7 tahun namun sejarah Lantamal yang dimulai dari pembentukan Perwal berubah menjadi Sional dan berubah kembali menjadi Lanal Tipe C dan terakhir menjadi Tipe B dipimpin oleh seorang Pamen berpangkat Kolonel sudah berusia 64 tahun,” jelas Danlantamal XII.

“Banyak prestasi yang telah diukir Lantamal XII selama setahun ini, antara lain Unsur Satrol Lantamal XII KRI Siribua-859 mendapatkan apresiasi dari Pemimpin TNI AL yang berhasil terbanyak memeriksa kapal yang melanggar tindak pidana dilaut dan dilanjutkan dengan proses penyidikan, demikian juga dalam sebulan Tim F1QR Lantamal XII berhasil menggagalkan dan menangkap penyeludupan miras dan rokok ilegal yang masuk ke Perairan Kalbar bekerjasama dengan pihak Bea Cukai Wilayah Kalbar,” lanjutnya.

Danlantamal XII juga menjelaskan “Tugas Lantamal XII adalah melaksanakan tugas TNI AL yaitu, Pertahanan menjaga kedaulatan NKRI dimana Kalbar berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, Menegakkan Hukum di wilayah perairan Indonesia yang tertulis didalam Undang-undang, Diplomasi dimana KRI merupakan perwakilan dari negara RI yang tertulis juga didalam Undang-undang, Pengembangan kekuatan dimana Mako Lantamal XII berada di Kabupaten Mempawah, Pembinaan pemberdayaan wilayah pertahanan. Demikian tugas yang diemban Lantamal XII,” pungkas Laksma TNI Suharto.

Acara syukuran dihadiri oleh PJU dan Kadis/Kasatker Lantamal XII dan seluruh prajurit, PNS serta keluarga besar Lantamal XII, prajurit Yonmarhanlan XII dan tamu undangan lainnya.

 

(Dispen Lantamal XII)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *