Tsunami Pandemi Virus Corona

Porosnusantara.co.id – Tsunami adalah gelombang air besar yang diakibatkan oleh gangguan di dasar laut, seperti gempa bumi. Gangguan ini membentuk gelombang yang menyebar ke segala arah dengan kecepatan gelombang mencapai 600–900 km/jam.

Pandemi adalah epidemi penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia. Penyakit endemik yang meluas dengan jumlah orang yang terinfeksi yang stabil bukan merupakan pandemi. Kejadian pandemi flu pada umumnya mengecualikan kasus flu musiman.

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2), adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.  Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19.  Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

BACA JUGA  Kapolsek Kep Seribu Utara Sambangi Warga Sosialisasi Bahaya Covid-19

Ketua Koalisi Peduli Jakarta (KPJ) Amos Hutauruk, berharap kepada Pemerintah Pusat serta Daerah, sungguh sungguh menerapkan PPKM Darurat. Karena saat ini kita sedang mengalami Stunami Pandemi Virus Corona, yang telah banyak merenggut nyawa manusia dan memporak porandakan ekonomi rakyat.

Presiden Jokowi, telah menunjuk Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, memimpin  PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Semoga strategi Presiden Jokowi dapat dijalankan oleh Pak LBP dengan seksama.

BACA JUGA  1 Dari 8 Pelanggar ProKes di Sanksi Kerja Sosial oleh Tim Ops Yustisi Gabungan Polsek Kep Seribu Selatan

Bantuan sosial (BANSOS) yang telah di janjikan LBP, sebaiknya berjalan seiring waktu PPKM Darurat, yang telah berjalan saat ini. Masyarakat sangat membutuhkan bansos tersebut, karena aktifitas mereka tidak dapat leluasa lagi mencari nafkah. Sekecil apapun bantuan sosial diberikan pemerintah, itu sangat berarti buat masyarakat yang membutuhkannya.

Reporter : Johan Sopaheluwakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *