oleh

Lurah Pejagalan Bagikan Bantuan Langsung Pada Ratusan Korban Kebakaran di Wilayah RW 12 Pejagalan

Lurah Pejagalan Bagikan Bantuan Langsung Pada Ratusan Korban Kebakaran di Wilayah RW 12 Pejagalan  



JAKARTA, porosnusantara.co.id
Sebanyak  246 bangunan rumah hangus  Terbakar terjadi pada  Minggu.(17/7/2021).

yang mengakibatkan kurang lebih  1000 jiwa warga  kehilangan rumahnya di jalan Lindung RT 01/RW 12  Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarra Utara.

Dalam kesempatan itu Lurah Pejagalan, Ichsan didampingi Sumitra ketua RW 12 saat di temui beberapa Media termasuk porosnusantara.co.id , di dapur umum pengungsian halaman Kantor Kelurahan Pejagalan menerangkan bahwa sebanyak 272 KK warga  kehilangan tempat tinggalnya dan hingga Senin (18/7/2021) mengungsi ke gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) Kelurahan Pejagalan dan POS RW 12.

Menurut Lurah Pejagalan Ichsan, warga  di tempat pengungsian semalam telah mendapatkan bantuan selimut, sajadah dan biskuit dari Sudin Sosial Jakarta Utara dan BPBD setempat.

“Untuk memadamkan api dari 18 mobil pemadam kebakaran  termasuk mobil pendukung dikerahkan oleh Sudin Gulkarmat Jakarta Utara,”  kata Lurah Ichsan.

Dari  272 KK  warga yang kehilangan tempat tinggalnya itu kata Ichsan  terdiri dari  426 orang  perempuan, 462 laki laki,  24 balita laki laki dan 14 balita perempuan, 53 orang lansia , 3 orang ibu hamil dan 3 orang ibu menyusui.

Sedang data warga yang mengungsi di gedung SKKT Pejagalan ada 66 orang di antaranya 8 orang lansia wanita dan 2 orang laki laki dan 19 anak anak laki laki dan perempuan.

Pada waktu terjadi kebakan di RT 01/12 tersebut di Balai Warga Kelurahan Pejagalan sedang diadakan vaksinasi covid 19 oleh TNI AD untuk warga kelurahan ini.

“Jaraknya dari lokasi kebakaran sekitar 500 meter. Dalam vaksinasi itu hadir Dandim Jakarta Utara dan Danramil Penjaringan,” kata Lurah Ichsan. 

Sementara itu Sumitra Ketua RW 12 Pejagalan menjelaskan bahwa bantuan untuk warga korban kebakaran sudah diterima setiap hari sebanyak 1000 makanan siap saji dari Sudin Sosial, BPBD, dan bantuan partisipasi masyarakat.

“Bantuan Makanan siap saji tersebut diberikan secara door to door untuk mengurangi kerumunan sesuai Prokes, kemudian kami berikan langsung pada warga korban kebakaran tersebut setiap harinya sehari 3 kali,” jelasnya

Lanjut Sumitra sesuai arahan pak Lurah Pejagalan Ichsan tempat pengungsian dibagi 3 titik di Musholah, di POS RW12 dan di halaman Sekolahan dan ada juga  bantuan lainnya berupa obat-obatan,  selimut dan pakaian.

Sedangkan seorang anggota FKDM Pejagalan, Mulyani sebelumnya mengungkapkan, kebakaran terjadi sejak  pukul 14.30. Asal api masih dalam penyelidikan pihak berwenang namun diduga dari kompor di salah satu rumah.

Selain itu Kaops Sudin Gulkarmat Jakarta Utara Abdul Wahid mengakui api cepat membesar karena tiupan angin kencang dan bangunannya cukup padat. Untuk itu selain dari Jakarta Utara ada  bantuan 4 mobil pemadam dari Jakarta Barat.

Perlu diketahui terlihat dari video laporan Lurah Pejagalan Ichsan, warga dan anggota PPSU   kelurahan itu berusaha membantu pemadaman dengan air dari selokan beramai ramai.


( Jerry )

BACA JUGA  Kapolsek Medan Helvetia Bantu Pembangunan Gereja GPdI Nafiri Allah Martubung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini