oleh

Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Berhasil Membongkar Bandar Besar Narkotika Jenis Ganja

Jakarta – Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil membongkar bandar besar narkotika, jenis ganja. Dalam pengungkapan bandar barang haram kali ini jumlah barang bukti disita berjumlah 144,5 ton. Jakarta, Selasa (09/03).

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran mengatakan,”Sebanyak 500 kilogram dalam bentuk ganja siap edar yang sudah dipacking dengan berat 1 kilogram. Kemudian 144 ton disita dari ladang ganja yang luasnya sekitar 12 hektare,” ujar Fadil di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (09/03) 2021.

“Sebanyak 500 kilogram dalam bentuk ganja siap edar yang sudah dipacking dengan berat 1 kilogram. Kemudian 144 ton disita dari ladang ganja yang luasnya sekitar 12 hektare,” ujar Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran saat merilis kasus pengungkapan bandar besar narkotika yang memiliki 144 ton ganja di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (09/03)

BACA JUGA  Bupati Way Kanan Ikuti Pembekalan Kepala Daerah Pemenang Pilkam 2021 Secara Virtual

Fadil Imran mengungkapkan, kasus ini bermula dari penangkapan pengedar ganja bernama Andri Hidayat bulan Juli 2020 lalu. Pihak Polisi lalu melakukan pengembangan atas penangkapan pria yang sudah divonis 15 tahun penjara.

Selanjutnya, pada 16 Februari 2021, polisi berhasil menggagalkan penyelundupan ganja di kawasan Depok, Jawa Barat yang menggunakan tiga (3) buah drum minyak berkisar 50 liter dalam pengungkapan ini, alhasil sebanyak 115 kilogram ganja disita polisi.

BACA JUGA  Simak Penjelasan Hendrikus Rani Siga Terkait Pembangunan RSK dan WSC di Teluk Cenderawasih

Kata Kapolda,”Tim kemudian mencari sumber sampai dengan lokasi ladang ganja,” lanjut Fadil.

Hingga akhirnya pada pertengahan Maret 2021, polisi berhasil menemukan ladang ganja seluas 12 hektare di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Dari pengungkapan itu, polisi menetapkan 9 orang tersangka, termasuk pemilik ladang ganja yang berinisial F.

Di lokasi, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Ronaldo Maradona Siregar turut mengatakan kalau pihaknya segera melakukan pemusnahan ganja ratusan ton itu.

BACA JUGA  Tim Advokat Posbakum PWRI Beri Bantuan Hukum Petani Yang Diduga Dituduh Curi Buah Sawit Di Lahan Milik Sendiri

“Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan membawa sebagian ke Jakarta untuk barang bukti. Selain itu, Ronaldo mengatakan selain menangkap F pihaknya turut menangkap seseorang berinisial I yang berperan sebagai petani di ladang tersebut,” paparnya.

Sedari hasil pemeriksaan polisi, komplotan ini melakukan penyelundupan ganja ke Jakarta melalui jalur darat atau diangkut menggunakan mobil. Atas pengungkapan sindikat ganja ini, polisi menjerat 9 tersangka dengan Pasal 114 juncto Pasal 111 juncto 132 junto 131 UU Nomor 35 th 2009 tentang Narkotika dan 55 KUHP. Mereka terancam hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Supriyadi*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini