Anies Baswedan Lepas Tim Spraying Disinfektan Massal PMI

  • Bagikan

Porosnusantara – Pimpin Apel, Anies Lepas Tim Spraying Disinfektan Massal PMI DKI Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memimpin apel kesiapsiagaan covid-19 yang dilaksanakan PMI DKI Jakarta di Balaikota Provinsi DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (10/1/2021).

Kesempatan itu, Gubernur juga melepas tim spraying disinfektan massal yang akan melakukan penyemprotan disinfeksi di 44 wilayah kecamatan di wilayah kota dan kabupaten di DKI Jakarta.

“Keberhasilan upaya penanganan Covid-19 sangat tergantung peran masyarakat. Dibutuhkan kerjasama dan keterlibatan semua pemangku kepentingan dari perangkat RT, RW, institusi pemerintah, dunia usaha, lembaga sosial kemasyarakatan,” tutur Anies Baswedan saat menyampaikan pengarahan apel.

Menurut dia, PMI telah tanggap, sigap, dan bergerak aktif dalam membantu pemerintah dengan menggerakkan masyarakat melakukan disinfeksi di pemukiman, perkantoran, sarana pendidikan, dan fasilitas sosial serta fasilitas umum
lainnya.

“Pemprov DKI Jakarta sampaikan rasa hormat dan bangga kepada seluruh relawan PMI DKI Jakarta yang telah mengerakkan potensi yang dimiliki dalam mendukung penanganan Covid-19 di Jakarta,” tuturnya.

Untuk itu, orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta ini meminta kepada jajaran pemerintah kota dan kabupaten serta SKPD/UKPD DKI Jakarta untuk terus menerus melakukan pembinaan dan membantu kegiatan-kegiatan Kepalangmerahan yang dilaksanakan PMI.

“Alarm kewaspadaan menghadapi pandemi Covid-19 akan saya sampaikan untuk didengar oleh seluruh masyarakat, bahwa pandemi belum usai dan harus tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan,” ajaknya.

Sementara Ketua PMI DKI Jakarta H. Rustam Effendi menyatakan, sebagai lembaga sosial kemanusiaan, PMI memiliki tugas dan fungsi sebagai mitra pemerintah dalam penanganan bencana termasuk ikut terlibat pada penanganan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih berlangsung.

“Dengan segala potensi yang dimiliki, PMI Provinsi DKI Jakarta senantiasa mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan melaksanakan sejumlah upaya pencegahan dan minimalisasi penyebaran Covid-19,” kata Rustam.

Disebutkannya, bersama dengan PMI wilayah kota dan kabupaten di Jakarta sejak 13 Maret hingga Desember 2020 telah melaksanakan, penyaluran bantuan Sembako sebanyak 318.983 paket, bantuan paket PHBS sebanyak 202.000 paket, dan bantuan wastafel portabel sebanyak 406 unit.

Sedangkan untuk kegiatan spraying disinfekatan, sambung Rustam, telah dilakukan penyaluran bantuan alat spraying portable kepada masyarakat sebanyak 3.020 unit dan untuk penyemprotan disinfentan telah dilakukan di 109.841 titik lokasi.

“Kedepan PMI akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan hal itu sebagai bentuk pertanggung jawaban kami karena telah dipercaya dan didukung oleh masyarakat dalam kegiatan penggalangan dana kemanusiaan Bulan Dana PMI,” tuntasnya.

Pada apel yang dilaksanakan, PMI DKI Jakarta mengerahkan 50 relawan serta menyiapkan 12 uni kendaraan taktik gunner spraying, 50 alat spraying portable, 25 max spraying, 20 bentor, dan juga menyalurkan bantuan 3 ribu paket PHBS dan 144 ribu batang sabun cuci tangan.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kepala Bidang Pelayanan Markas PMI.

(Nes*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *