oleh

Kunjungi Sasaran,Bupati Muna Dan Dansatgas TMMD 109 Disambut Tarian Adat Silat “Ewa Wuna”.

Porosnusantara.co.id.Muna – Bupati Muna LM Rusman Emba, S.T bersama Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 109 Muna Letkol Arm Andi Akbar, S. Sos., M. Sc., seusai pelaksanaan pembukaan meninjau seluruh sasaran di Desa Bone Kacintala dan disambut dengan tarian adat silat “Ewa Wuna”.

Hal ini dikatakan oleh Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono, Kendari, Selasa (22/9/2020).


“Ewa Wuna merupakan seni bela diri bagi masyarakat Muna dengan menggunakan alat Lolabi atau keris, pada zaman dulu dipelajari untuk pertahanan kerajaan jika ada serangan dari luar,” terang Kapenrem.

“Untuk sekarang ini tarian ini dijadikan hiburan dalam sebuah acara atau pesta perayaan serta penyambutan bagi para tamu, pejabat ataupun wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Muna,” imbuhnya.

Lanjut masih menurut Mayor Sumarsono pada kesempatan ini dalam sambutannya Dandim 1416/Muna selaku Dansatgas TMMD mengatakan bahwa TMMD 109 ini merupakan wujud nyata sinergi antara TNI dan Pemda yang dibantu instansi terkait beserta masyarakat.

“Sesuai dengan tema Pengabdian Untuk Negeri TMMD 109 Muna hadir untuk membangun sarana umum guna peningkatan kesejahteraan masyarakat dan juga membangun sumber daya manusianya melalui kegiatan non fisiknya,” kata Dandim.

“Kami akan berbuat semaksimal mugkin dengan bantuan dan dukungan Pemda beserta masyarakat untuk menyelesaiakn program ini tepat waktu dan hasilnya dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat,” lanjutnya.

“Terimakasih kepada Bapak Bupati beserta seluruh masyarakat yang dengan tangan terbuka menerima dan mensuport pelaksanaan TMMD,” imbuh Letkol Andi Akbar.

Masih dalam kegiatan yang sama, dalam sambutannya Bupati Muna mengatakan dengan hadirnya TMMD di wilayah ini akan dapat mempererat hubungan kemanunggalan TNI dan masyarakat sehingga program ini akan berjalan dengan sukses.

“Untuk sasaran TMMD sendiri meliputi pembangunan Masjid, pembangunan drainase dan pembuatan jamban untuk masyarakat,” terang LM Rusman Emba.

“Selain itu TMMD juga hadir untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat berupa penyuluhan kesehatan dan materi bela negara, diharapkan partisipasi masyarakat Bone Kacintala untuk ikut dalam kegiatan ini,” lanjutnya.

“Dan tentunya dengan hadirnya TMMD di wilayah ini akan membawa nama Desa Bone Kacintala dan adat budaya Muna untuk lebih di kenal oleh daerah lain, semisal Tari Ewa Wuna yang dipersembahkan tadi,” pungkas LM Rusman Emba.

Kegiatan dilanjutkan dengam mengecek secara langsung seluruh sasaran TMMD 109 Muna.

(La ufi*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini