oleh

KRI Raden Eddy Martadinata -331 Laksanakan Passage Exercise Dengan Kapal Perang Australia

Porosnusantara.co.id.Lombok – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Raden Eddy Martadinata (REM-331), dengan Komandan Kolonel Laut (P) Lukman Kharish melaksanakan Passage Exercise (Passex) dengan kapal perang Australia atau Royal Australian Navy, yakni HMAS Stuart (FFGHM153) yang di komandani oleh Commander (N) Luke Ryan, di perairan Selat Lombok sampai ke perairan Selat Makassar, Rabu (8/72020).

Pelaksanaan Passex ini diisi dengan beberapa serial latihan diantaranya, latihan manuver taktis atau Tacman, latihan Isyarat Bendera atau Flaghoist, dan latihan Pembekalan di Laut atau Replenishment At Sea (RAS).

BACA JUGA  Pokdarkamtibmas Kalibaru Milad Ke 3 Bersama Anak Yatim .

“Seluruh rangkaian latihan dilaksanakan di perairan ALKI 2 dengan memperhatikan faktor keamanan serta peraturan hukum yang berlaku , “ ungkap Lukman, sapaan karib Komandan KRI REM-331.

Lukman menambahkan, bila latihan ini juga digelar atas dasar perintah Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dengan tujuan memandu HMAS Stuart melintasi ALKI 2 yang selanjutnya HMAS Stuart akan bergerak menuju Hawaii untuk melaksanakan latihan RIMPAC 2020.

BACA JUGA  Temu Dan Konsultasi, Tindaklanjut Hasil Audiensi JAGO ke PPKD Jakarta Selatan

“Kegiatan Passex juga sebagai ajang diplomasi sesuai dengan salah satu peran TNI Angkatan Laut yaitu Military, Diplomacy dan Constabulary,“ lanjut Lukman.

Sementara di tempat terpisah Panglima Laksda Heru mengatakan bahwa latihan bilateral seperti ini diharapkan bisa terus dilaksanakan untuk mempererat hubungan diplomasi antar negara, dan meningkatkan “Bargaining Power” Indonesia di regional Asia Pasifik. Sebab menurut Laksda Heru, dengan hubungan yang baik antara negara maka diharapkan juga tercipta stabilitas kawasan yang akan sangat berdampak penting untuk kemajuan negara.

BACA JUGA  Sidang Putusan Perumahan Fiktif Syari'ah Amanah City di Pengadilan Negeri Tangerang Di Tunda

(erni*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini