oleh

Jelang Berbuka Puasa Jago Merah Mengamuk, Satu Rumah Ludes Terbakar.

Sawahlunto, Poros Nusantara – Karena ingin mematikan api dikompor gas, akhirnya sijago merah mengamuk, yang mengakibatkan rumah Ketua Rukun Warga (RW) Abah Adi (59) hangus terbakar dan ludes dilalap api , Kamis (14/5).

Kebakaran yang melanda daerah Tangsi Gunung Kelurahan Durian 1 Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto itu terjadi sekitar pukul 17.15 wib.

Karena panik dan ingin menyelamatkan aset miliknya, akhirnya Abah Adi pun ikut terbakar pada bagian tangan serta punggungnya dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sawahlunto.

Petugas Damkar yang dihubungi lansung Cepat Tanggap mendatangi lokasi kejadian. Kepala Dinas Damkar Dan Pol PP Kota Sawahlunto Jon Hendri mengatakan.

BACA JUGA  BPNT Kemensos Tunjuk langsung Bulog selaku pengadaan beras

” Saat warga menhubungi via telepon seluler, kita langsung menurunkan 2 unit mobil Damkar berikut 16 petugas Damkar. Dibantu dengan warga, Petugas Pol PP, Tim Tagana, TNI ,Polri dan LPM bahu membahu memadamkan api yang semakin membesar akibat terpaan dari angin,”ujarnya.

Dia juga menambahkan kesulitan dari tim Damkar dalam memadamkan sijago merah tersebut, disamping adanya angin ditambah lokasi kejadian yang cukup jauh dari parkiran mobil Damkar.

“Butuh waktu satu jam dalam memadamkan api yang sedang berkobar, sekitar pukul 18.15 wib baru api padam. Selain kondisi rumah yang jauh dan mendaki ditambah rumah tersebut juga memiliki tumpukan kayu yang banyak sehingga api cepat membakar rumah tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA  Gileee Tanah Ilegal di parung serab di Hentikan Pol PP Depok

Menurut Jon Hendri diperkirakan kerugian materil akibat kebakaran mencapai ratusan juta,” Tetapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, selain luka bakar yang dimiliki oleh pemiliknya yaitu Abah Adi, ” katanya.

Jon Hendri menghimbau warga Sawahlunto agar selalu waspada dalam menghadapi musim kemarau dan disertai angin kencang ini, bila menghidupkan kompor jangan lupa dimatikan, listrik bila tidak dipakai dicabut, dan pastikan kondisi rumah dalam keadaan aman dari sumber sumber pemicu kebakaran .

BACA JUGA  Kunjungan Bupati Bekasi Eka Supriatmaja di Kecamatan Cabangbungin dalam Rangka Meninjau Pertanian.

Dikesempatan lain, Walikota Sawahlunto Deri Asta menyerahkan bantuan berupa Dana dan sejumlah perlengkapan tidur dan dapur dari Dinas Sosial serta dari BPBD kota Sawahlunto yang langsung diterima oleh keluarga korban.

Penyerahan bantuan itu dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol dan PBD Kota Sawahlunto Adri Yusman S,Sos,MM, Kepala Dinas Sosial PMDPPA Dedi Syahendri,S,STP, MSi , Camat Kecamatan Lembah Segar Zainul Anwar , Lurah Kelurahan Durian Satu, Osral.

Saat penyerahan bantuan Deri Asta menyampaikan, bantuan dari pemerintah Kota ini tentu kami laksanakan sesuai dengan SOP, semoga bermanfaat bagi keluarga yang tertimpa musibah, tutur Deri Asta.

(AN*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini