oleh

Kebun Ketahanan Pangan LANAL Tanjung Balai Asahan Wujudkan Ketahanan Pangan

 

Tanjungbalai, porosnusantara.co.id – Dalam rangka mendukung pemerintah untuk mewujudkan program ketahanan Pangan, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Asahan mengoptimalkan lahan yang ada untuk penanaman sayur dan budidaya ikan air tawar di Komplek Perumahan dan Mako Lanal Tanjungbalai Asahan. Kamis (16/4/2020).

Penanaman sayur dan penyebaran benih ikan tersebut memanfaatkan lahan tidur yang berada di Komplek Perumahan dan Mako Lanal Tanjungbalai Asahan. Adapun sayuran yang ditanam antara lain, kangkung, sawi, ubi jalar, cabe, jagung, terong dan bawang merah. Sedangkan bibit ikan yang ditebar di kolam sebanyak 8.300 ekor bibit ikan nila dan ikan lele.

Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan Letkol Laut (P) Dafris menyampaikan bahwa, program ini merupakan wujud kepedulian Lanal Tanjungbalai Asahan untuk membantu dan memotifasi masyarakat sekitar untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Tanjungbalai Asahan, terlebih saat-saat sulit dengan adanya wabah Covid-19.

“Dari penanaman dan pembibitan ini diharapkan dapat bermanfaat baik oleh prajurit Lanal dan keluarga, maupun untuk masyarakat untuk memperkecil ketergantungan terhadap pasar dan menghemat biaya belanja keluarga, karena tanaman dan ikan ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari hari “, ujar Danlanal Tanjungbalai Asahan.

Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan ibu-ibu Jalasenastri Lanal Tanjungbalai Asahan, yang tentunya bermanfaat untuk saling membantu dan bergotong royong menambah keterampilan di bidang perkebunan secara sederhana, dalam pemenuhan kebutuhan pangan secara mandiri.(dc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini