oleh

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemko Sawahlunto bantu Kincir Air untuk Kelompok Tani Sawah Tangah Talawi Hilir

Sawahlunto – Kelompok tani (Keltan) Sawah Tangah, Desa Talawi Hilir, Kecamatan Talawi, Sawahlunto panen padi. Mereka panen padi bersama Walikota Deri di hamparan 14 hektar, Jumat 20 Maret 2020.

Panen padi Keltan Sawah Tangah, Talawi Hilir didukung dengan sumber air dari sungai yang diairi kincir. Dahulu kincir dibuat petani dari kayu dan bambu. Kincir digunakan Keltan Sawah Tangah, dibuat dari baja ringan dan pipa paralon pengganti bambu.

BACA JUGA  Kebutuhan Pangan 2020 Aman dan Terkendali.

“Alhamdulillah, adanya kincir ini yang dibantu Pemko Sawahlunto, air ke sawah sudah bisa lancar. Sawah kami tidak lagi tadah hujan,” ujar Ketua Kelompok tani Sawah Tangah, Musa Malin Putiah.

Saat itu Walikota Deri Asta.SH turut panen padi kelompok tani Sawah Tangah dengan menggunakan mesin pemanen padi. Hadir juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan ( DKP3), Sawahlunto, Ir.Lelis Eplienti.

BACA JUGA  Ngabuburit Ke Budidaya Anggrek, Dirjen Hortikultura Galakkan Ekspor Tanaman Hias

Walikota Deri Asta di sela panen itu mengatakan, Pemko Sawahlunto berupaya meningkatkan dan memperbaiki sistem pengairan agar petani bisa tanam 4 hingga 5 kali dalam setahun.

“Kita kurang sawah tadah hujan dengan memperbaiki sistem pengairan. Tak mungkin, sawah di tepi sungai tetapi sumber airnya dari tadah hujan. Produksi gabah dan produktivitas petani kita tingkatkan. Produksi padi kita surplus dan pendapatan petani di Sawahlunto juga meningkat,” ujar Deri Asta.

BACA JUGA  IDI NTT LAMPAUI RATA-RATA IDI NASIONAL

(AN*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini