Pemko Sawahlunto Beri Bantuan Pada Warga Silungkang, Yang Rumahnya Kena Bencana Tanah Longsor dan Pohon Tumbang

  • Bagikan

Poros Nusantara SAWAHLUNTO – Intensitas Curah Hujan yang tinggi di Kota Sawahlunto mengakibatkan terjadinya Longsor dan pohon tumbang .

Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berikan bantuan untuk warga yang rumahnya terdampak longsor dan ditimpa pohon tumbang di wilayah Desa Silungkang Oso dan Desa Silungkang Tigo.

Bantuan yang diberikan yakni uang untuk pembangunan rumah semi – permanen dan bantuan dasar untuk korban bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD – PPA).

Sebelum menyerahkan bantuan tersebut, Pemko melalui Tim BPBD sudah terlebih dahulu melakukan evakuasi pasca – bencana bersama jajaran Pemerintah Desa setempat dan warga sekitar.

Peninjauan dan penyerahan bantuan oleh Walikota Deri Asta,SH itu dilakukan Senin 24 Februari 2020.

Tercatat, 2 rumah terdampak bencana ini adalah milik Maas Adnan (tertimpa pohon tumbang) di Dusun Lubuk Kubang Desa Silungkang Oso dan Yusnal (terdampak Tanah longsor) di Dusun Kebun Jeruk Desa Silungkang Tigo.

Terkait bantuan untuk membangun kembali rumah yang sudah dalam kondisi rusak berat itu, Walikota Deri Asta berharap dari para perantau Silungkang juga dapat ikut membantu. Sebab, jika hanya mengandalkan bantuan dari Pemko tentu terbatas.

“Kita dari pemerintah pasti membantu. Tapi memang ada batasannya, sesuai regulasi.

Makanya kita berharap agar bantuan ini lebih sempurna, itu turut dapat dibantu pula oleh saudara – saudara perantau Silungkang,” ujar Deri Asta.

Bantuan dari Pemko selain uang untuk dana renovasi rumah, terdiri dari paket sembako (dari BPBD) dan family kit, selimut, matras, makanan cepat saji dan lainnya (dari Dinsos PMD – PPA).

( An *Hms )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *