by

Bupati Wajo, Musrembang Tingkat Kecamatan Harus Menghasilkan Usulan Proritas yang Bisa Memenuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat.

Porosnusantara.co.id Wajo Sulsel – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021, Pemerintah Kecamatan Pitumpanua menggelar Musrenbang tingkat kecamatan di ruangan aula kecamatan, rabu (19/2/2020).

 

Musrembang yangdi hadiri Bupati Wajo Dr.H.Amran Mahmud,S.Sos,Msi bersama Wakil Bupati Wajo H.Amran SE,Sekda Wajo Amiruddin,S.Sos.,M.Si.

Adapun anggota DPRD yang hadir dari dapil IV(Pitumpanua-Keera) Elfrinto ST komisi III Hj.Andi Andi Suleha,SH komisi I,Mustarin,SE komisi IV, Mursalin Yasin komisi II,dan Haeruddin komisi I.

Juga turut hadir Kadis Kabid, kapolsek Pitumpanua Koramil Pitumpanua serta Lurah dan Kades se Kecamatan Pitumpanua bersama perangkat desa dan masyarakat.

Kepercayaan warga pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) sebenarnya mulai tergerus.

BACA JUGA  Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Jadi Pembicara Acara Talkshow Di Kongres ke-2 Partai Nasdem

Mereka skeptis karena menganggap kegiatan itu hanya seremonial belaka.

“Kita agak kurang yakin karena pengalaman pengalaman tahun sebelumnya dimana semua program yang diusulkan tak lebih dari 20 persen yang diwujudkan,” ucap warga yang tak mau disebutkan namanya di lokasi Musrembang Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Rabu (19/2/2020).

Pada kesempatan itu Bupati Wajo Amran Mahmud menyampaikan sejumlah program yang dicanangkan tahun ini terkhusus di Kecamatan Pitumpanua.

Diantaranya peningkatan mutu jalan dan jembatan, perbaikan rumah jabatan camat, pembangunan kantor desa, masalah pemekaran desa dan sejumlah program yang terkait dengan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Kami tentu berharap, imej musrenbang yang kerap dicap sebagai kegiatan seremonial bisa kita hilangkan, tapi apa yang dirembukkan di musrenbang ditingkat kecamatan ini, benar-benar menghasilkan usulan-usulan proritas yang bisa memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” kata Amran Mahmud.

BACA JUGA  Anies ke Imam-imam Palestina: Temui Sebanyak Mungkin Rakyat Indonesia

Senada, Wakil Bupati Wajo Amran SE, berharap Pitumpanua sebagai salah satu kecamatan terluas di Kabupaten Wajo bisa menjadi contoh bagi kecamatan lain.

“Pitumpanua ini memiliki 23 desa 4 kelurahan, sebagai salah satu kecamatan terluas yang dipimpin seorang perempuan, saya berharap bisa menjadi contoh bagi kecamatan lain Kita gas poll,” ungkapnya.

Dia pun berharap rencana program kerja yang akan dilaksanakan di tahun 2021 nanti bisa sejalan dengan tidak melenceng dari 25 program kerja Pammase.

Sementara Anggota DPRD Wajo, Elfrianto dalam sambutannya menyampaikan musrembang, merupakan proses penjaringan usulan dengan menggunakan pendekatan fartisifasi Bottom-up dan juga merupakan wadah komunikasi, yang efektif dan efesien antara perangkat daerah dengan masyarakat yang mengacu pada prioritas pembangunan daerah tahun 2021 dan 25 Program kerja nyata Bupati dan Wakil Bupati Wajo.

BACA JUGA  Draft RUU Perkoperasian Belum Mengakomodir Substansi Mendasar Koperasi 

“Semoga kita semua bisa wujudkan harapan masyarakat yaitu menjadikan Wajo semakin maju dan masyarakat semakin sejahtera,” harap anggota DPRD Wajo dari komosi III.

( Bustang* )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini