oleh

Cap Go Meh 2020 Kota Singkawang Sukses

Singkawang, Poros Nusantara – Cap Go Meh 2020 di Kalbar, khusus nya di Singkawang berlangsung meriah dan sukses. Dihadapan ribuan para tamu dan pengunjung.

Walikota Singkawang,Tjhai Chui Mie,mengatakan bahwa perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang merupakan yang terbesar di Indonesia. Bahkan beberapa media menyebutnya sebagai event Cap Go Meh terbesar di dunia,dengan melibatkan Tatung yang melakukan atraksi begitu menarik.
“Tentu kami sangat bersyukur dan bangga karena festival Cap Go Meh di kota Singkawang kembali masuk dalam 100 kalender event tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,” katanya
Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang bersama panitia terus berupaya melakukan berbagai inovasi sehingga mampu menyuguhkan Tontonan Yang Menarik, lebih berkualitas, serta memiliki keunikan yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya.
Dan pada
Tahun ini yang istimewa adalah adanya keberhasilan dalam pencatatan rekor MURI pembuatan Replika Pagoda Tertinggi. Ketinggiannya mencapai 20,2 meter yang memiliki 8 tingkat serta dua lantai dan terbuka untuk umum.
” ini makna filosofisnya pelaksanaan Cap Go Meh tanggal 8 bulan 2 tahun 2020,”tuturnya.
Kota Singkawang juga termasuk satu di antara 20 lokasi program regenerasi warisan budaya secara nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hanya ada dua kota di Kalimantan, yaitu Kota Singkawang dan Kota Banjarmasin. Sementara dikukuhkan sebagai kekayaan intelektual komunal, ekspresi budaya tradisional oleh Kementerian Hukum dan HAM.
Sederet penghargaan tersebut tentunya menjadi tantangan Kota Singkawang yang juga menyandang predikat
sebagai kota tertoleran di Indonesia pada tahun 2018 versi Setara Institue. Penghargaan tersebut semakin memperkuat identitas Kota Singkawang sebagai Kota Pusaka.
“Tantangannya adalah Kota Singkawang harus bersatu padu bergandengan tangan untuk melestarikan dan mengembangkannya sebagai aset kebudayaan yang menimbulkan kegairahan yang terus menerus bagi masyarakat dan wisatawan untuk menyaksikannya,”
Ungkap Tjhai Cui Mie.
Sementara, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, memuji Pemkot Singkawang dalam hal pelayanan perizinan.
” Pemkot Singkawang memberikan pelayanan perizinan dengan cepat” Kami mengapresiasi itu, ujar Sutarmidji.

Menag RI Fahrul Rozi yang mewakili Presiden RI,
memgawali sambutanta dengan berpantun.
Menurut Fahrul Rozi, Setiap perayaan agama, hendaknya disikapi sebagai moment untuk memperkokoh hubungan antar ummat beragama, kata Fahrul Rozi berpesan.

( Biro Yury)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini