Akses Jalan SS Jakasetia Pekayon Resmi Dibuka Pemkot Bekasi

  • Bagikan

Bekasi-porosnusantara.co.id – Pemerintah kota Bekasi kembali membuka akses jalan baru sebagai upaya menangani kemacetan. Akses jalan baru yang diresmikan jum’at(31/01/2020) diharapkan dapat membagi volume kendaraan yang setiap harinya memadatati ruas jalan pekayon.

Akses baru tersebut merupakan jalan baru yang sejajar degan jalan raya pekayon,bekasi selatan.jalan ini membentang dari permata pekayon hingga pondok surya Mandala melalui pekerjaan beberapa tahap.

Kegiatan pembangunan sejajar SS jaka setia pekayon ini degan nilai pagu Anggaran:Rp.181.537.000.000.Tahun 2017:Rp.10.000.000.000.panjang jalan:308m2,lebar:14 m2. Tahun 2018:Rp.9.000.000.000., panjang jalan:581m2 lebar:7 m2,Sumber dana:APBD kota Bekasi. Nilai pagu Anggaran Tahun 2019: Rp.47.000.000.000.panjang jalan:2.6.km lebar 13 m2 sumber dana:kemenerian PUPR.Pekejaan yang belum dikerjakan. panjang jalan:1.6 km lebar:13 m2.

“Tinggal satu tahapan sesi akhir menyambungkan dari pondok surya mandala sampai pertigaan pasar Rebo jatiAsih,”ucap wali kota Bekasi Rahmat Effendi usai peresmian.

Tahap awal pekerjaan ruas permata pekayon hingga pondok pekayon indah sepanjang 308 meter yang didanai APBD kota Bekasi tahun 2017. Ruas pondok pekayon indah sampai pulo Ribung di kerjakan melalui APBD 2018 dan 2019 sepanjang 1.331 meter.Lalu ruas pulo Ribung hingga pondok Surya Mandala sepanjang 2,6 kilometer dikerjakan oleh kementerian pekerjaan umum dan perumahan Rakyat tahun 2019.

“Ruas sisanya kami sudah usulkan agar bisa dilanjutkan pengerjaannya oleh kementerian PUPR sepanjang 1,6 kilometer,”katanya.

Akan tetapi,pemkot Bekasi tetap
bertanggung jawab atas pembebasan sejumlah lahan warga yang akan dikerjakan lintasana jalan mulai dari pondok surya Mandala hingga jatiasih.

“kami sudah monitor,memang banyak yang bisa segera ditertibkan karna Memang menduduki lahan Miliki PJT ll.Namun beberapa ada juga lahan yang di miliki secara sah karna Sertifikatnya lengkap,”katanya.

Pembebasan lahan ini akan menjadi pekerjaan besar bagi pemkot Bekasi.Namun jika lancar,Konstruksi pekerjaan Lanjutanya bisa di gulirkan pada 2021.

“Yang nantinya akan dibebaskan dan ditertibkan,semoga bisa memahami.seperti saat penertiban lahan untuk ruas pulo Ribung pondok Surya Mandala ini yang kemarin sempat menjadi polemik.setelah ruas jalan ini rampung,akan warga juga yang merasakan manfaatnya,”katanya.

Wali kota Bekasi juga menceritakan mengenai sejarah yang ada pada ruas jalan pekayon ini,pada tahun 1969 telah diresmikan saluran air yang mengalir dari bendungan koja,saluran ini sangat lebar dan tetapnya pada tahun 1985 itu mengaliri surya mandala menuju ke kiri perumahan masnaga,perumahan Bougenvil, polder fajar,sampai kali Bencong Hl.

Degan proses panjang hingga menial berita yang tak enak,tetapi saja jalan ini telah terbentuk,sekali gus kami dari pemerintah kota Bekasi telah menugaskan kepada Dinas perkimatan Dan Bappeda untuk bagunan 2 blok Rusunawa di depan TPA Bantargebang.

“Hal ini bukan untuk kepentingan saya,apalagi lakukan kebijakan untuk kepentingan pribadi,tapi untuk kepentingan warga kota Bekasi,kita bisa liat sekarang manfaatnya untuk mengurangi dampak ruas macet di pekayon, dan ini saya tegaskan,ini milik kita semuah nati yang lewat bukan hanya untuk warga kota bekasi tapi untuk bersama-sama” ujarnya

Wali kota juga mengintruksikan kepada Dinas perhubungan untuk menerapkan rambu-rambu lalu lintas dan traffic light dan isi perempatan jalan,agar pengendara tidak bingung dan sampai
terjadi kecelakaan.

Kepala Balai Besar pelaksanaan jalan Nasional Vl Hari Suko Setiono yang turut menghadiri peresmian mengatakan, pengerjaan kontruksi jalan ini memang terbilang singkat.Hanya dalam kurun tiga bulan pekerjaannya dirampungkan dan juga menyampaikan aspresiasi kepada wali kota dan tim untuk berjuang atas jalan ini,berkat kegigihannya yang bisa melobi menteri akhirnya bisa tembus kembali Dan bisa di kerjakan walau sebelumnya sempat di batalkan.

“Namun secara teknis sudah bisa dioperasikan,mungkin tinggal dilengkapi rambu-rambunya demi keselamatan pengguna jalan.mudah-mudahan ruas iniefektif mengatasi kemacetan di pekayon,”katanya.
(Carim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *