by

Gubernur Sulsel Tabur 5.000 Ekor Benih Ikan Mas di Danau Tempe Kab, WAJO

 

Poros Nusantara, Wajo Sulsel – Sebanyak 5.000 ekor benih ikan mas ditabur di Danau Tempe, Kabupaten Wajo, Rabu (22/01/2020).

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM. Nurdin Abdullah, mengatakan penaburan benih ikan mas ini sebagai wadah wujud menjaga kelestarian ekosistem populasi ikan air tawar yang ada di Danau Tempe.

“Sebanyak kurang lebih 5.000 ekor benih ikan air tawar yang ditebar hari ini. Danau Tempe ini sebagai aset sumberdaya yang harus dipulihkan daya dukungnya, utamanya keseimbangan ekosistem yang saat ini mulai terganggu akibat sedimentasi dan eutriofikasi. Kondisi ini berpotensi mengancam keragaman jenis ikan yang ada di Danau Tempe. Oleh karenanya penaburan benih dinilai penting untuk memulihkan ekosistem Danau Tempe,” ujar Gubernur. Sul-sel

BACA JUGA  Bupati Wajo Dr Amran Mahmud Hadiri Rapat RUPSLB PT Bank Sulselbar

Danau Tempe sendiri diakuinya merupakan salah satu danau penghasil ikan tawar terbesar di Sulawesi. Dengan luas kurang lebih 13 ribu hektare (ha).

Danau Tempe memiliki keberagaman ikan tawar, seperti ikan mas, ikan gabus, lele, bete-bete, bungo, kandea, jangko, kamboja dan jenis ikan lainnya.

BACA JUGA  Retail Sneakers dan Streetwear Ternama asal Jepang dibuka Di Plaza Indonesia

Sementara Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud mengaku pihaknya melalui Dinas Perikanan Kabupaten Wajo menebar ratusan ribu benih ikan air tawar atau ikan mas di Danau Tempe setiap tahun. Bahkan biayanya mencapai ratusan juta setiap kali dianggarkan.

“Setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Wajo menabur ratusan ribu benih ikan di danau tempe untuk menjaga ekosistem,” jelas Dr. H. Amran Mahmud.

BACA JUGA  BKPSDM Kabupaten Wajo Lantik dan Sumpah Jabatan Pejabat Administrator Dan Pengawas

Selain menabur benih ikan mas, Pemkab juga sebelumnya pada November 2019 membantu nelayan dengan memberikan mesin perahu dan berbagai alat tangkap ikan lainnya. ( chia/ red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini