oleh

Kapolda Metro Jaya Dan Kapolres Metro Jakarta Utara Pimpin Gerakan Tanam 1000 Pohon Serentak di Hutan Kota Kemayoran

Poros Nusantara, Jakarta – Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol. Budhi Herdi Susianto, S.iK, SH, M.Si di dampingi Kapolda Metro Jaya IrjenPol Drs Nana Sudjana dan Walikota jakarta utara  Sigit Widjatmoko pimpin gerakan penanaman pohon serentak di hutan kota Kemayoran, kec.Pademangan Jakarta Utara, pada Jumat (10/1/2020). Sebanyak 1.000 pohon ditanam sebagai langkah penghijauan Ibu Kota Jakarta.

Kapolda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penghijauan Ibu kota. Apalagi musim kemarau panjang sebelumnya telah mengakibatkan banyaknya pohon mati. “Hari ini kami dari Polri, Pemda, dan TNI melakukan Gerakan Penanaman Pohon di Hutan Kota Kemayoran. Ini merupakan perintah Kapolri (Jenderal Polisi Idham Azis) untuk Polri peduli penghijauan,” ujar Kapolda.

Diyakininya, penanaman pohon ini dapat memperbanyak penyerapan air dan mengurangi dampak polusi udara, bahkan diajaknya penanaman pohon dilakukan hingga ke tingkat masyarakat yang dikoordinir oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, hingga lurah. “Saya yakin penanaman pohon ini bisa menyerap air dan mengurangi polusi udara. Kita ketahui ada darurat bencana banjir dan polusi udara tinggi. Dengan penanaman pohon bisa mengurangi itu. Dengan Polri mempelopori kegiatan ini kami harap masyarakat juga melakukan hal yang sama di setiap halaman rumah,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama kapolres metro jakarta utara Kombes Budi menjelaskan dipilihnya hutan kota kemayoran untuk program ini karena lokasinya yang luas.  ” wilayah ini dulu lahan tidurnya memiliki luas 23 hektare, atas inisiatif setneg melalui PPK kemayoran di coba jntuk di fumgsikan kembali untuk menambah ekosistem yang ada” , ujarnya

Selain penanaman pohon, 5.000 ekor ikan nila dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara ditebar di Danau Hutan Kota Kemayoran.

Kegiatan ini juga dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai gerakan penanaman pohon serentak di satu lokasi. Piagam penghargaan diberikan kepada Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Drs. Nana Sudjana, AS, M.M. ( red/dwicahyono)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini