oleh

Wako Dan Wawako Sawahlunto Tinjau Posko Operasi Lilin 2019.

Poros Nusantara, Sawahlunto – Dari perkembangan situasi terkini, suasana Natal dan tahun baru di Kota Sawahlunto dapat diprediksi akan berhasil, aman dan lancar seperti biasanya. Namun, ‘adem’ ini tidak membuat Pemko atau otoritas keamananan dari TNI / Polri lengah dalam keamanan agar keamanan dan ketertiban aman dan terkendali dengan baik.

Dalam pemantauan sejumlah posko Operasi Lilin 2019 di ‘Kota Warisan Dunia’ itu, Selasa malam 24 Desember 2019, Walikota Deri Asta dan Wakil Walikota Zohirin Sayuti bergabung dengan Kapolres AKBP. Junaidi Nur membagikan jurusannya menyetujui Pemko mendukung langkah penuh – langkah yang dilakukan Polres Sawahlunto dalam menciptakan kenyamanan dan tertib di momen Natal dan tahun baru 2019 ini.

“Untuk kekuatan pribadi, kita dari Pemko yang ikut serta dan menyiagakan jajaran dari Satpol PP – Pemadam Kebakaran dan Kesbangpolekul Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Mereka yang juga akan turut membantu di posko – posko untuk memback up teman – teman dari TNI / Polri, “sebut Walikota Deri Asta.

Terkhusus pada BPBD, diberikan perhatian khusus untuk bersiaga penuh, sebab bertepatan di momen Natal dan tahun baru di Sawahlunto ini masih dalam cuaca sering hujan. Diperlukan diperlukan persiapan jika diperlukan banjir dan longsor tidak perlu tiba dan menganggu kegiatan masyarakat saat Natal dan tahun baru.

“Yang penting kita sekarang, harus dulu, dulu dulu kita sudah terbiasa multietnis, keharmonisan ini langgeng. Jadi tak pernah di Sawahlunto Natal dan tahun baru yang tidak aman, yang membantu kenyamanan kita yang diinginkannya. Inilah yang sekarang kita jaga kembali. Kita yakin , pasti efisien dan aman. Lagipula memperluas ini tidak ada potensi kerawanannya, “ujar Deri.

Pemantauan rombongan Walikota dan Kapolres juga menyempatkan diri mengikuti prosesi ibadah umat Kristen di gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang berlokasi di Kelurahan Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar. ‘BA 1 J’ dan jajarannya bercakap – cakap sementara dengan sejumlah pendeta di sana yang pada waktu rombongan Walikota dan Kapolres sampai melakukan pemantauan mereka juga baru saja selesai membuat koleksi ibadah.

Sementara, Kapolres Sawahlunto AKBP. Junaidi Nur melaporkan, kekuatan personel yang diturunkannya untuk pengamanan Natal dan tahun baru ini berjumlah 120 orang. Personel ini dibagi menjadi 3 posko.

“Kita sebar di 3 posko. Ada posko di Lintas Sumatera Muaro Kalaban, kemudian posko di Lapangan Segitiga. Juga ada posko di simpang Kandih. Setiap posko ada yang turun ada 20 anggota kita yang terbagi shift siang dan malam, juga ada teman-teman yang berkunjung TNI , Satpol PP – Pemadam dan tidak terkait lainnya, “kata Junaidi Nur.

Diakui Junaidi Nur, sampai saat ini memang pihaknya tidak menemukan ada potensi kerawanan yang akan menganggu keamanan dan ketertiban momen Natal dan tahun baru di Sawahlunto. Namun bagi pihaknya, kesiagaan pengamanan tetap tidak dikendorkan, kewaspadaan tetap seperti biasanya.

“Kewaspadaan kami tetap tinggi. Kami pantang lengah. Karena itu, aku sudah instruksikan untuk semua jajaran, dengan mengikuti humanis kita melakukan pengamanan dengan kesiagaan tinggi,” sebut Junaidi Nur.

Dalam pemantauan pengamanan Natal dan tahun baru itu, Walikota Deri Asta didampingi oleh Wakil Walikota Zohirin Sayuti dan Ketua DPRD, Eka Wahyu Ismed. Selain dari jajaran Pemko, selain dari jajaran Kesbangpol – PBD dan Satpol PP – Pemadam Kebakaran, juga diiikuti oleh Kabag Kominfo, Persandian dan Humas Setdako Sawahlunto, Dodi Febrizal.

(YANTO)

BACA JUGA  Letkol Kav Agus Waluyo,S.ip Pimpin Kembali Kodim 14 17/Kendari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini