oleh

Bupati Serahkan Bantuan Alsintan kepada 12 Kelompok Tani di Nabire

Porosnusantara.co.id – Bupati Nabire, Isaias Douw, S. Sos., MAP menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada 12 kelompok usaha tani yang berasal dari sejumlah distrik.

Penyerahan Alsintan dilakukan di Sub Balai Benih Padi, Bumi Raya, SP 3 Distrik Nabire Barat.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nabire, Syarifudin, SP mengatakan, bantuan yang diserahkan Bupati Isaias adalah Traktor roda 2 sebanyak 14 unit, pompa air sebanyak 40, Cultivator sebanyak 6 unit, Pemipil Jangung sebanyak 10 unit.

Dijelaskan Syarifudin, bantuan pada tahun ini diberikan kepada 12 kelompok yang terdiri dari beragam suku, baik Papua asli dan Papua pendatang.Kelompok usaha tani sesungguhnya ada lebih dari 40 kelompok tani. Kelompok tani yang lain kami sudah salurkan tahun-tahun lalu sehingga tahun ini kami salurkan yang belum dapat tahun lalu,” katanya.

Dijelaskan Bupati Isaias, salah satu prioritas pembangunan kabupaten Nabire adalah pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan.

Kedaulatan pangan dikatakan berhasil jika memenuhi parameter terpenuhinya kebutuhan pangan hasil produksi, kebijakan pangan diatur secara mandiri, petani sebagai pelaku utama terlindungi dan terjamin kesejahteraannya. Itulah yang terus kami upayakan selama ini, “katanya.

Sebagai upaya mewujudkan kedaulatan pangan, kata Bupati, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah penyediaan dan mendorong penerapan alat teknologi dan regulasi serta peningkatan etos kerja.

Saya minta kepada anak-anak muda Papua kembali olah tanah. Nabire ini subur dan luas. Bikin kelompok tani. Kesempatan ini, saya bangga kepada anak muda Papua yang sudah bikin kelomok tani sehingga dapat Alsintan pada saat ini,katanya.

(RKpapua)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini