by

Kunjungan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Kabupaten Kuantan Singingi Ke Nagari Simabur

Porosnusantara.co.id – Kunjungan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Kabupaten Kuantan Singingi Ke Nagari Simabur, patut  diapresiasi untuk Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar atas jalinan konunikasinya dengan Kabupaten Kuantan Singingi. Sabtu (30/11), Nagari Simabur mendapatkan kunjungan dari rombongan tiga desa yaitu Desa Kampung Medan, Desa Madinah dan Desa Kepala Pulau, Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau terkait study banding tentang Bumnag/Bumdes dan pengolahan sampah.

Seperti  yang disampaikan Zulbahri Walinagari Simabur dalam kata sambutannya bahwa apa yang dilakukan oleh Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari ) adalah tujuannya memang untuk membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat.

” Bumnag kami sebenarnya hingga saat ini pun masih dalam tahap pengembangan. Memang salah satu usaha Bumnag Nagari Simabur adalah Bank Sampah. Dan saat ini bank sampah kami memang sudah menghasilkan produk yaitu minyak tanah dan pupuk kompos serta biogas yang sangat efisien dan bermanfaat bagi masyarakat kami. Selamat datang kami ucapkan kepada rombongan Study banding dari Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau ke Nagari Simabur. Dan harapan kami kedepannya, semoga tetap terjalin erat hubungan silaturahmi kedua provinsi yang berbeda,” ujar Zulbahri. Selain itu, Simabur juga merupakan pusat jajanan tradiaional yang ada di Kabupaten Tanah Datar, dengan mengembangkan UKM dari kelompok-kelompok masyarakat dibidang kuliner. ” Selain itu, Nagari Simabur juga merupakan pusat pemerintahan di Kecamatan Pariangan. Bahkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pemuda, Insyaallah hingga saat ini sudah banyak prestasi yg di raihnya, seperti di bidang olah raga, SSB kita menjadi juara umum se Kabupaten Tanah Datar, kita punya sanggar randai dan silat tuo, satu bulan sekali para pemuda tidur di masjid dalam rangka malam bina dan taqwa, juga melaksanakan kegiatan penghapalan Al Quran bagi pemuda, serta masih ada lagi kegiatan yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu. Hendaknya ini bisa dijadikan referensi yang layak bagi Kuantan Singingi,” pungkas Zulbahri mengakhiri kata sambutannya di Aula Kecamatan.

BACA JUGA  Budidaya Jagung Di Lahan Lembaga Pemasyarakatan

Hampir senada, Elita D. S. Sos selaku Sekretaris Kecamatan Pariangan mewakili Camat Pariangan pun menambahkan bahwa disamping Nagari Simabur juga terkenal dengan pusat oleh-oleh jajanan tradisional, Nagari Simabur juga berkembang dalam perekonomiannya. ” Di Kecamatan Pariangan ini terdiri dari 6 Nagari, salah satunya adalah Nagari Simabur. Namun ada yg membedakan kita dengan kabupaten lain yaitu sesuai dengan Perda No 4 Tahun 2008 tentang nagari, kita punya Lembaga Unsur, yaitu Kerapatan Adat Nagari, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pemuda dan Bundo Kanduang dimana masing-masing punya peranan penting di nagari. Mengenai Bumnag atau Bumdes, seperti yang dikatakan pak Wali tadi bahwa usaha nagari ini sudah berjalan dan sedang berkembang. Kita punya lata pencacah sampah, salah satu produk dari bank sampah ini yaitu minyak tanah. Jadi, sampah dari masyarakat nantinya di jual ke bank sampah dan yang mereka terima bukan uang, tapi minyak tanah. Ada juga kompos yang sudah di olah di komposter, berguna untuk pupuk bagi para petani kita dan ini sangat efisiensi hingga bisa mengurangi biaya rumah tangga masyarakat Nagari Simabur,” kata Elita. Dan kalau di Kuantan Singingi ada BPD, di tempat kami pun ada tapi namanya BPRN, dimana tugasnya adalah mengawasi dan ikut berperan penting dalam menjalankan roda pemerintahan nagari. “Merekalah yang membantu pak Wali untuk mengawasi dan mitra dari pemerintahan nagari agar roda pemerinthan nagari tetap pada relnya,” lanjutnya.

BACA JUGA  Kinerja Kinclong Sektor Pertanian, Hadiah Mentan Untuk HUT RI Ke-74

Irvan Fikri, Pejabat Sementara Kepala Desa Kampung Medan sekaligus ketua rombongan study banding ini, dalam kata sambutannya juga menyampaikan bahwa apa yang mereka lakukan ini adalah untuk mengembangkan potensi alam dan sumber daya manusianya yang ada di desanya masing-masing. ” Tujuan kedatangan rombongan kami ink selain silaturahmi, kami juga ingin melihat langsung bagaimana cara pengolahan sampah melalui bank sampah yang ternyata sudah punya hasol produksi di Nagari Simabur. Karena di desa kami, sekarang lagi giat-giatnya membangun Bumdes.

BACA JUGA  RATUSAN WARGA KECEWA KE DISDIK CAPIL KARAWANG

Salah satu usaha yang menjanjikan adalah bank sampah. Sebab bisa mengurangi resiko sampah yang ada di desa kami. Kenapa Nagari Simabur tujuan kami? Selain Bimdesnya maju, ternyata dari segi UKM nya Simabur sudah bisa mendatangkan pendapatan asli nagari yang sangat besar. Dan kami pun sangat bangga bisa study banding ke sini. Mudah-mudahan kerjasama kita kedepannya tetap terjalin erat dan bisa saling bertukar informasi, ilmu serta pengalaman,” pungkas Irfan yang saat ini sudah menjabat Pj selama satu tahun.

Selain rombongan dari Kuantan Singingi, pertemuan itu juga di hadiri oleh seluruh perangkat nagari Simabur, Lembaga Unsur seta BPRN Nagari Simabur….(Dwi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini