oleh

Mentan Syahrul Harapkan Dukungan IPB Terkait Program Pertanian

 

Poros nusantara, Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan dukungan penuh dari perguruan tinggi dan dunia pendidikan terhadap pembangunan pertanian ke depan. Hal ini dikatakan Syahrul saat menerima kunjungan Rektor Institusi Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria di Gedung A Kementan, Senin (11/11).

“Saya mengharapkan dukungan penuh dari dunia pendidikan, dalam hal ini dari semua universitas di Indonesia untuk mengembangkan dan membangun pertanian ke depan. Sebab dulu waktu saya menjadi kepala daerah juga disupport oleh perguruan tinggi,” ujar Syahrul, Senin siang di Kantor Pusat Kementan, di Jakarta.

BACA JUGA  SUKA BERAS DAN SUKAJADI TERIMA PENGHARGAAN DESA PERCONTOHAN THN 2017 SE-KAB.SERGAI

Syahrul menjelaskan, dukungan itu diantaranya adalah membantu Kementan dalam mengembangkan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostra Tani) dan sistem aplikasi data untuk mengambil kebijakan dan program unggulan.

“Tentu kami juga mengharapkan dukungan IPB dalam membantu pengembangan sistem Kostra Tani dan aplikasi data. Yang jelas, IPB harus mensuport kita karena mereka yang mengolah ilmu. Dalam hal ini kan banyak paradikma yang bergeser-geser,” katanya.

Dikatakan Syahrul, kerjasama ini harus menjadi acuan kerja bersama dengan melibatkan Badan Litbang yang ada, terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya manusia.

BACA JUGA  Mentan SYL Rangkul Para Senior dan Mantan Menteri

“Jadi saya ingin melihat kegiatan kerjasama ini ada di lapangan, bukan hanya di meja atau secara teori saja. Yang pasti harus mengaplikasikan temuan-temuan teknologi yang dikembangkan di IPB untuk bisa disebarluaskan di lapangan,” katanya.

Sementara itu, Rektor IPB, Arif Satria menyambut baik upaya Kementan dalam membangun sektor pertanian berbasis sains dan teknologi dengan melibatkan universitas dan dunia pendidikan. Kata dia, langkah tersebut sejalan dengan apa yang diharapkan praktisi dan akademisi.

BACA JUGA  Penganugerahan Penghargaan Anak Bangsa Berprestasi Nusantara Platinum Award 2018

“Untuk itu, saya sudah sampaikan kepada para dekan, Ketua Senat dan para Ketua Dewan Guru Besar. Alhamdulillah Pak Menteri juga sangat luar biasa menyambut baik kerjasama ini. Apalagi beliau punya keinginan besar agar proses evolusi yang ditemukan oleh Kementan ini punya basis sains akademik yang kuat,” tukasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini