by

Suhatril, enterprenuer muda sukses

 

PorosNusantara, Jakarta – Setelah sekian lama bersosialosasi bersama kawan kawan mahasiswa tentang kewirausahawan, khususnya lokal preneur, Suhatril ST.MT, biasa di sapa Bapak suhatril akhir – akhir ini sedang giat berkampanye tentang lokal preneur kepada para mahasiswa dan putra -putri SMU Negeri yang ada di Propinsi sumatra barat.

Suhatril, pria kelahiran Lasi tuo, nagari lasi, Kab. Agam Sumatra barat, anak ke enam dari enam bersaudara, merupakan seorang pengusaha muda, yang berdedikasi dan penuh semangat. Kesibukannya lumayan padat, karna saat ini sedang giat diminta menjadi pembicara di forum-forum kampus dan SMU setempat. Para siswa dan mahasiswa begitu antusias untuk datang menghadiri diskusi tentang
“kewirausahawan lokal prenuer”. Di antara sekolah tersebut yaitu SMU 4 BTW, 5 BKT, SMU Adabiah dan SMKN 2 Padang. Selain itu anak – anak sekolah juga giat datang ke peternakannya, di Jorong lasi tuo, Nagari lasi, kec Canduang, Kab. Agam, sumatra Barat.

BACA JUGA  Anies ke Imam-imam Palestina: Temui Sebanyak Mungkin Rakyat Indonesia

Untuk melihat usaha, dan tata cara berternak sapi dengan benar, agar mengasilkan produk susu menjadi olahan keju yang berkualitas. Suasana lasi tuo Nagari lasi masih sangat asri. Berlatar Gunung berapi di kelilingi pedesaan, menambah pesona elok negerinya.

Suhatril dengan bangga mengatakan “Semangat kewirausahaan sudah sampai ke pada adik-adik SMU, saya yakin sekitar lima sampai sepuluh tahun lagi akan ada perubahan besar di propinsi Sumatra barat.

“Konsep lokal prenuer adalah konsep nyata berwirausaha dengan motivasi dari hasil pemikiran dirinya, bertujuan untuk membangun negeri dengan mengembangkan potensi lokal, meningkatkan perputaran di daerah, sehingga bisa menggerakkan ekonomi setempat.

Sebagai usahawan muda yang bergerak di bidang produksi keju, tentu ini merupakan sesuatu yang menarik dan memiliki prospek cerah, karna belum banyak usahawan lokal dan daerah lainnya yang berkecimpung pada bidang ini.
Produk keju yang di produksi merupakan keju murni hasil dari olahan susu ternak sapi yang di milikinya. Kedua orang tua Suhatril, selain Pegawai negeri juga merupakan petani dan juga peternak sapi sejak dahulu. sehingga dia sudah terbiasa dengan bidang ini. setiap harinya Suhatril memproduksi Keju olahan, mencapai lima hingga tujuh ratus kilo perbulan. Meski fokus di pasar online, suhatril juga memiliki reseller di beberapa daerah, yaitu Sumatra barat, Riau dan Jambi. Selain itu keju produksinya juga di pasarkan di pulau jawa, tepatnya
Jakarta dan Bandung yang mana memang merupakan daerah yang banyak membutuhkan keju untuk di jadikan berbagai olahan di rumah tangga maupun industri.
Semangat kewirausahawan yang di milikinya sejak kecil tak lepas dari gemblengan orang tua yang mendidiknya disiplin, memberikannya ilmu, maka dengan senang hati dia bagikan kepada Para mahasiswa dan adik-adik SMU agar suatu hari nanti mereka dapat berwirausaha dan mandiri secara finansial. Tentu ini akan mengurangi pengangguran, karna ekonomi masyarakat setempat akan meningkat secara menyeluruh.

BACA JUGA  Pemerintah desa pantaibahagia semangat membangun desa

Bagi para penggemar keju ataw ingin berbisnis, tentu kita bisa datang kelokasi sambil berwisata desa.
klik info di
IG: Keju_Lasi
Fb Fanpage: kejulasi

BACA JUGA  10 Pejabat Eselon II Dapat "Kado Istimewa" dari Gubernur NTT

Reporter, ZEffAN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini