oleh

Rakernas BKAD Ke II Penguatan Kerjasama Antar Desa Dalam Menyatukan Potensi Daerah Bagi Pemberdayaan Masyarakat.

Bogor, Poros Nusantara – Menindaklanjuti dan menyikapi implementasi Undang Undang Desa No 6 Tahun 2014 tentang Desa dan pelestarian serta pengamanan aset aset eks PNPM pasca program, maka dipandang perlu untuk segera mengadakan konsolidasi, Forum/ Asosiasi BKAD Kabupaten dan BKAD kecamatan untuk dapat menghadiri agenda Rapat Kerja Nasional.

Paparan yang disampaikan. DR. Paudah. M.Si. (Kasubdit Kerjasama Pemerintahan). yang juga hadir mewakili Kemendagri.
Kerjasama Desa bidang pemerintahan Desa yang selanjutnya disebut, Kerjasama Desa adalah kesepakatan bersama antar Desa dan dengan tertulis untuk mengerjakan bidang pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan dan Pemberdayaan masyarakat yang menjadi potensi dan kewenangan Desa serta menimbulkan hak dan kewajiban para pihak.

Kegiatan Rakernas BKAD ke III dihadiri perwakilan BKAD se Indonesia dan dibuka oleh Kemendes Republik Indonesia melalui Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa
(PMD) R. Nurtafiana. S.Pt. ME. (Kabid Pemberdayaan Ekonomo Masyarakat).
Juga hadir dari Provinsi Riau H. Seno Harto (Ketua Asosiasi BKAD Prov Riau).

Ir.Barnas Sadikin selaku Panitya pelaksana Rakernas beserta Nanang Mulyana (Ketua Panitya Rakernas) bahwa Rapat Kerja Nasional ini bekerjasama Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) adalah lembaga yang dibentuk untuk pelestarian aset aset implementasi. ” Ini kita hadirkan perwakilan dari BKAD dari seluruh 121 kabupaten se Indonesia dari 15 provinsi yang sudah hadir 159 dari 114 kabupaten untuk melestarikan aset aset PNPM pasca program,”jelas Nanang Mulyana.

Selaku Ketua Forum BKAD Nasional yang juga merangkap sebagai Ketua Panitya Rakernas. Konsolidasi BKAD masih eksis dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan, hampir 74524 Desa di Indonesia.
Dan yang ketiga untuk menyatukan pemahaman yang sama poksi daripada BKAD. Demikian yang disampaikan Nanang Mulyana di Ballroom Hotel Asana Grand Pangrango Bogor Jawa Barat. Kamis 24/10/2019

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini