by

Resmi Di Lantik, Ketua dan Wakil Ketua Definitif DPRD Kab. Tanah Datar

Poros Nusantara, Kab. Tanah Datar – Akhirnya, Partai Gerinda sebagai partai pemenang pileg tahun 2019, resmi menunjuk Rony Mulyadi DT Bungsu sebagai Ketua DPRD Kab. Tanah Datar untuk periode masa bakti 2019 – 2024. Pelantikan dan sumpah jabatan ini dilaksanakan di Aula kantor DPRD Tanah Datar, yang di lantik oleh Tiwi, S.H., M.H Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar, Senin (21/10).

Pengucapan sumpah dan pelantikan juga dilakukan kepada Anton Yondra sebagai Wakil Ketua dari Partai Golkar serta Saidani, salah seorang anggota DPRD dari Partai PKS. Dalam kata sambutannya, Rony Mulyadi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang memberikan amanah kepadanya serta kepada Partai Gerinda yang memberikan kepercayaan kepadanya untuk memegang jabatan Ketua DPRD Kab. Tanah Datar periode 2019 – 2024. ” Kami akan memperjuangkan dan mengimplementasikan visi dan misi partai politik sebagai penyambung aspirasi masyarakat,” ujarnya. DPRD Tanah Datar merupakan lembaga perwakilan rakyat berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat, terutama menyalurkan aspirasi masyarakat dan melahirkan kebijakan – kebijakan daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah serta melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan daerah, lanjutnya.
” Undang – undang No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah beserta dengan perubahannya, memberikan gambaran hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD. Hubungannya setara dan bersifat kemitraan, kedua institusi ini tidak hubungan secara hirarki atau hubungan antara atasan dan bawahan, hubungannya bersifat koordinatif, konsultatif atau kerjasama. Masing – masing institusi berada di jalur tugas dan wewenang yang tidak dapat saling intervensi dalam memaksimalkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan DPRD. Diharapkan hubungan kemitraan dengan pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik dan harmonis guna mewujudkan tercapainya visi dan misi Kabupaten Tanah Datar yang sejahtera dan berkeadilan dilandasi filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” tutur Ketua definitif DPRD Kabupaten Tanah Datar ini.

BACA JUGA  Kecelakaan Maut di Wajo , Tiga Korban Meninggal Dunia

Hampir senada, Drs. Irdinasyah Tarmizi, Bupati Tanah Datar selain mengucapkan selamat atas terpilihnya Rony Mulyadi sebagai Ketua definitif DPRD, Anton Yondra selaku wakil ketua serta Saidani anggota DPRD yang terpilih untuk periode masa bakti 2019 – 2024, Irdinasyah juga menjelaskan bahwa bagi pimpinan dan anggota dewan yang terpilih, menjadi sangat penting dan strategis karena dalam bentuk konteks negara pemerintahan, sarana pembangunan kedudukan DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintah daerah dan aspirasi rakyat yang dinamis. ” UU No 23 Tahun 2014 adalah otonomi daerah yang merupakan hak kewenangan dan kewajiban daerah otonom mengatur dan mengurus diri sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat kita, berdasarkan hal tersebut otonomi daerah merupakan bentuk penyebaran kekuatan atau win solution of power dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengatur daerahnya sendiri dengan tujuan pemberdayaan bangsa,” kata Bupati.

BACA JUGA  Program Grand Design Hortikultura Mampu Memperluas Pasar Ekspor

Perlu disadari bahwa dalam melaksanakan tugas tersebut, ujarnya, DPRD dihadapkan pada berbagai tantangan baik yang berasal dari internal ataupun eksternal. ” Tantangan tersebut dapat berupa belum berjalannya mekanisme cek and balance antara pemerintah daerah dengan DPRD secara optimal dan peraturan yang mengatur dalam sistem kelembagaan yang masih sering berubah – ubah yang kemudian menciptakan persepsi dan kepentingan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.” Ucapnya.

BACA JUGA  Bimtek PTPS Sekecamatan Sungai Pagu, Pengawasan Harus Sesuai Regulasi

” Dan sehubungan dengan dilaksanakan sumpah dan janji tersebut, kami mengharapkan kiranya amanat yang dipercayakan oleh masyarakat Kabupaten Tanah Datar dapat kiranya di jalankan dengan sebaik – baiknya sehingga dapat menghadirkan kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kab. Tanah Datar. Serta kebersamaan yang telah diwujudkan selama ini mampu kita tingkatkan oleh pemerintah daerah dengan seluruh pimpinan dan jajaran DPRD Kabupaten Tanah Datar masa bakti 2019-2024,” pungkas Irdinansyah. Pelantikan dan sumpah jabatan ini juga dihadiri oleh tamu undangan baik dari instansi vertikal, segenap jajaran ForkomdaTanah Datar, Forkopimca, media massa, dan seluruh Walinagari se Tanah Datar. (Dwi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini